Volare Chit Chat: Life as a Volunteer

#howtosayit

Throw in the towel

Bujang Dare, kita akan membahas cara pengucapan dan penggunaan sebuah idiom yang sering native speaker Bahasa Inggris gunakan sehari-hari. Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya.

Idiom yang akan kita bahas hari ini adalah Throw In The Towel. Terdiri dari kata Throw dan Towel. Kata Throw artinya adalah “lempar” dan kata Towel artinya “handuk”. Ketika menjadi sebuah idiom, maka Throw In The Towel berarti “menyerah pada beberapa usaha; berhenti atau meninggalkan sesuatu; mengakui kekalahan atau kegagalan”.

Berikut ini contohnya:

  1. I’ve been working on this book for over a year, and I’m getting nowhere with it. I think I’m ready to throw in the towel.
    Saya telah mengerjakan buku ini selama lebih dari setahun, dan saya tidak mendapatkan apa-apa darinya. Saya pikir saya siap untuk menyerah.

  2. After trying their hand in the mobile market for just a few years, the company is already throwing in the towel after finding very little success.
    Setelah mencoba produk mereka di pasar ponsel selama beberapa tahun, perusahaan sudah menyerah setelah mendapatkan keberhasilan yang minim.

  3. Three of the original five candidates for the Democratic presidential nomination have now thrown in the towel.
    Tiga dari lima kandidat asli untuk nominasi calon presiden dari Partai Demokrat kini telah menyerah.

#idiom

Old money

Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya. Lebih banyak kita menguasai idiom, maka semakin baiklah kemampuan bahasa Inggris yang kita miliki.

Hari ini idiom yang kita bahas adalah Poker Face. Terdiri dari kata Poker dan Face. Kata Poker artinya adalah “permainan kartu poker” dan Face artinya “wajah”. Ketika menjadi sebuah idiom, maka Poker Face artinya adalah “sulit untuk membaca emosi seseorang melalui wajahnya, sulit untuk mengetahui apa yang dipikirkan seseorang atau ekspresi kosong tanpa emosi yang tidak memberikan indikasi pikiran atau niat seseorang”.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini contohnya:

  1. I kept looking over to see if she was impressed, but she wore a poker face throughout the performance.
    Aku terus menoleh untuk melihat apakah dia terkesan, tapi dia mengenakan wajah tanpa emosi selama pertunjukan.

  2. Now, make sure you keep your poker face on for these negotiations—we can’t let them know where we stand.
    Sekarang, pastikan Anda menjaga wajah tanpa emosi Anda untuk negosiasi ini — kita tidak bisa membiarkan mereka tahu di mana posisi kita.

  3. Whenever Betty attended one of her children’s performances, she managed to keep a poker face.
    Setiap kali Betty menghadiri salah satu penampilan anak-anaknya, dia berhasil menjaga wajah tanpa emosi.

#bilingual

Bilingual adalah berita dua bahasa yang akan membantu Bujang Dare untuk mempelajari dan lebih memahami Bahasa Inggris. Serta menambah wawasan dunia tentang berbagai informasi dan berita masa kini. Untuk hari ini sebuah topik telah dipilih khusus untuk Bujang Dare.

Pizza-Making Record
Rekor Pembuatan Pizza

Four hundred chefs in Buenos Aires teamed up to beat the world record for pizzas made in 12 hours. Using more than 3 tonnes of flour, 2.7 tonnes of cheese and 88,000 olives, the team managed to produce 11,287 pizzas.
Empat ratus koki di Buenos Aires bekerja sama untuk mengalahkan rekor dunia untuk pizza yang dibuat dalam 12 jam. Menggunakan lebih dari 3 ton tepung, 2,7 ton keju dan 88.000 zaitun, tim berhasil memproduksi 11.287 pizza.

Fourteen industrial-sized ovens allowed them to bake six pizzas a minute, and they beat the previous record by more than 1,000 pizzas.
Empat belas oven berukuran industri memungkinkan mereka untuk memanggang enam pizza semenit, dan mereka mengalahkan rekor sebelumnya dengan lebih dari 1.000 pizza.

Difficult words: chefs (a professional cook), flour (white material, which looks like sand, and is used for making pizza or bread or other foods).
Kata-kata yang sulit: koki (koki profesional), tepung (bahan putih, yang terlihat seperti pasir, dan digunakan untuk membuat pizza atau roti atau makanan lainnya).

English, Please!

Let's Practice Your English!

Come and participate in our "English, Please" segment. Simply click this button below and register your name!

Yes, I want to join!