Volare Chit Chat: Youth and Social Media

#howtosayit

Waffle On

Bujang Dare, kita akan membahas cara pengucapan dan penggunaan sebuah idiom yang sering native speaker Bahasa Inggris gunakan sehari-hari. Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya.

Idiom yang akan kita bahas hari ini adalah Waffle On. Terdiri dari kata WAFFLE dan ON. Kata WAFFLE artinya adalah “omongan” dan kata ON artinya “naik atau diatas”. Ketika menjadi sebuah idiom, maka Waffle On digunakan untuk “berbicara terus tanpa mengatakan sesuatu yang sangat berguna atau menarik.”

Berikut ini contohnya:

  1. If you don’t know the answer, it’s no good just waffling on me.
    Jika Anda tidak tahu jawabannya, tidak ada gunanya hanya berbicara omong kosong pada saya.
  2. A: What did he say?
    B: Oh, it was a load of waffle on – nothing important at all.
    A: Apa yang dia katakan?
    B: Oh, banyak ngawurnya – tidak ada yang penting sama sekali.
  3. Please, don’t waffle on now. We don’t have much time.
    Tolong, jangan bicara ngawur sekarang. Kita tidak punya banyak waktu.

#idiom

Walk on a Tightrope

Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya. Lebih banyak kita menguasai idiom, maka semakin baiklah kemampuan bahasa inggris yang kita miliki.

Hari ini idiom yang kita bahas adalah Walk A Tightrope. Terdiri dari kata Walk dan Tightrope. Kata WALK artinya adalah “berjalan” dan TIGHTROPE artinya “tali yang terik”. Ketika menjadi sebuah idiom, maka Walk A Tightrope artinya adalah “harus menghadapi situasi yang sulit, terutama yang melibatkan pengambilan keputusan antara dua rencana aksi yang berlawanan”.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini contohnya:

  1. Many manufacturers have to walk a tightrope between pricing their goods too high and not selling them, and pricing them low and losing money.
    Banyak produsen harus menghadapi situasi sulit di antara harga barang mereka terlalu tinggi dan tidak menjual mereka, dan memberi harga rendah dan kehilangan uang.
  2. I’ve been walking a tightrope all day. I need to relax.
    Saya sudah menghadapi situasi sulit sepanjang hari. Saya perlu beristirahat.
  3. Our business is about to fail. We’ve been walking a tightrope for three months.
    Bisnis kami akan gagal. Kami telah berhadapan dengan situasi sulit selama tiga bulan.

#bilingual

Bilingual adalah berita dua bahasa yang akan membantu Bujang Dare untuk mempelajari dan lebih memahami Bahasa Inggris. Serta menambah wawasan dunia tentang berbagai informasi dan berita masa kini. Untuk hari ini sebuah topik telah dipilih khusus untuk Bujang Dare.

Ghost Town in Abkhazia
(Kota Hantu di Abkhazia)

Akamara in Abkhazia is a ghost town given up to nature. People built the mining town back in the 1970s in the Soviet Union and it had 5,000 residents.
Akamara di Abkhazia adalah kota hantu yang diserahkan kepada alam. Orang-orang membangun kota pertambangan pada tahun 1970-an lalu di Uni Soviet dan memiliki 5.000 penduduk.

After the collapse of the USSR, the town was in Georgia. However, there was a war during 1992–93 when Abkhaz separatists broke from Georgia which led to the first exodus.
Setelah runtuhnya Uni Soviet, kota itu berada di Georgia. Namun, terjadi perang selama 1992-1993 ketika separatis Abkhazia memisahkan diri dari Georgia yang menyebabkan eksodus yang pertama kali.

The second emigration took place during the 2008 conflict between Georgia and Russia. Today, there are only 35 residents left and the forest is reclaiming public areas and abandoned buildings.
Emigrasi kedua terjadi selama konflik pada tahun 2008 antara Georgia dan Rusia. Saat ini, hanya ada 35 penduduk yang tersisa dan hutan mengambil alih area publik serta bangunan yang ditinggalkan .

Difficult words: resident (a person who resides – lives somewhere), separatist (a person who wants to separate an area of a country to become a new country), exodus (a big emigration), reclaim (take back what was once yours), abandoned (not used, without any people).

Kata-kata yang sulit: penduduk (orang yang tinggal di suatu tempat), separatis (seseorang yang ingin memisahkan daerah suatu negara untuk menjadi negara baru), eksodus (emigrasi besar), merebut kembali (mengambil kembali apa yang dulunya milik Anda), terbengkalai (tidak digunakan, tanpa orang lain).

English, Please!

Let's Practice Your English!

Come and participate in our "English, Please" segment. Simply click this button below and register your name!

Yes, I want to join!