Volare Chit Chat: Good Looking

#howtosayit

Something to chew on

Bujang Dare, kita akan membahas cara pengucapan dan penggunaan sebuah idiom yang sering native speaker Bahasa Inggris gunakan sehari-hari. Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya.

Idiom yang akan kita bahas hari ini adalah Something to chew on. Terdiri dari kata Something dan Chew. Kata SOMETHING (S-OM-E-T-H-I-N-G) artinya adalah “sesuatu” dan kata CHEW (C-H-E-W) artinya “mengunyah”. Ketika menjadi sebuah idiom, maka Something to chew on digunakan untuk “perlu memikirkan sesuatu sebelum membuat keputusan”.

Berikut ini contohnya:

  1. I’ve been chewing on this job offer for days, but I still haven’t made a decision.
    Saya sudah memikirkan tawaran pekerjaan ini selama berhari-hari, tetapi saya masih belum membuat keputusan.

  2. I chewed on the question for a full minute before answering.
    Saya memikirkan pertanyaan itu selama satu menit penuh sebelum menjawab.

  3. The investors have several economic reports to chew on.
    Para investor memiliki beberapa laporan ekonomi untuk dipikirkan.

#idiom

Made of glass

Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya. Lebih banyak kita menguasai idiom, maka semakin baiklah kemampuan bahasa Inggris yang kita miliki.

Hari ini idiom yang kita bahas adalah made of glass. Terdiri dari kata made of glass. Kata MADE  artinya adalah “terbuat” dan GLASS artinya “kaca”. Ketika menjadi sebuah idiom, maka made of glass artinya adalah “seseorang yang cedera atau lemah maupun seseorang yang menderita cedera ketika mereka mengalami kontak fisik ringan.”.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini contohnya:

  1. That kid is made of glass! He should quit playing rugby, he’s just not cut out for it!
    Anak itu lemah! Dia harus berhenti bermain rugby, dia tidak cocok untuk itu!

  2. Please, don’t be made of glass! I need you to be strong to face this situation.
    Tolong, jangan jadi lemah! Saya butuh kamu yang kuat untuk menghadapi situasi ini.

  3. After some failure in relationship, now i know that i’m not a made of glass.
    Setelah beberapa kegagalan dalam hubungan, sekarang saya tahu bahwa saya tidak lemah.

#bilingual

Bilingual adalah berita dua bahasa yang akan membantu Bujang Dare untuk mempelajari dan lebih memahami Bahasa Inggris. Serta menambah wawasan dunia tentang berbagai informasi dan berita masa kini. Untuk hari ini sebuah topik telah dipilih khusus untuk Bujang Dare.

Very Special Wedding Dress
(Gaun Pengantin Istimewa)

People annually transform toilet paper into wedding dresses at the Toilet Paper Wedding Dress Contest in New York. Designers are only allowed to use toilet paper, glue, tape, needles and thread to create their masterpieces.
Orang-orang setiap tahun mengubah kertas toilet menjadi gaun pengantin pada Kontes Gaun Pernikahan Kertas Toilet di New York. Desainer hanya diperbolehkan menggunakan tisu toilet, lem, selotip, jarum dan benang untuk membuat karya mereka.

The competition offers a more creative twist to bridal attire and the competitors are always excited as they make it down to the final 10 out of over a thousand hopefuls.
Kompetisi ini menawarkan sentuhan yang lebih kreatif untuk pakaian pengantin dan para pesaing selalu bersemangat ketika mereka berhasil mencapai 10 besar dari lebih dari seribu calon.

In 2016, the dress that won was dubbed “Winter Last”, as it was inspired by the creator’s first snowstorm experience. The creations went on display at one of Ripley’s Believe It or Not global locations, which is a company which deals in strange and unusual items.
Pada 2016, gaun yang dimenangkan dijuluki “Musim Dingin Terakhir”, karena terinspirasi oleh pengalaman badai salju pertama perancangnya. Kreasi ini dipajang di salah satu lokasi Ripley’s Believe It or Not, yang merupakan perusahaan yang menangani barang-barang aneh dan tidak biasa.

Difficult words: annually (every year), attire (clothes), hopeful (a person hoping to succeed), dubbed (nicknamed, called).
Kata-kata yang sulit: setiap tahun (setiap tahun), pakaian (pakaian), penuh harapan (seseorang yang berharap berhasil), dijuluki (dijuluki, dipanggil).

English, Please!

Let's Practice Your English!

Come and participate in our "English, Please" segment. Simply click this button below and register your name!

Yes, I want to join!