Volare Chit Chat: 2018 in Review

English, Please!

Let's Practice Your English!

Come and participate in our "English, Please" segment. Simply click this button below and register your name!

Yes, I want to join!

#howtosayit

It’s the thought that counts
Bujang Dare, kita akan membahas cara pengucapan dan penggunaan sebuah idiom yang sering native speaker Bahasa Inggris gunakan sehari-hari. Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya.

Idiom yang akan kita bahas hari ini adalah It’s the thought that counts. Terdiri dari kata Thought dan Counts. Kata Thought artinya adalah “pikiran” dan kata Counts  artinya “penting”. Ketika menjadi sebuah idiom, maka It’s the thought that counts berarti “kebaikan yang ditunjukkan seseorang ketika mereka membelikan Anda hadiah lebih penting daripada hadiah itu sendiri”.

Berikut ini contohnya:

  1. Even when people do things for you and give you things that you don’t actually want, you must always remember that it’s the thought that counts.
    Bahkan ketika orang melakukan sesuatu untukmu dan memberi hal-hal yang sebenarnya tidak diinginkan, kamu harus selalu ingat bahwa itulah hal yang lebih penting.

  2. Your grandmother couldn’t make it to your recital because her car wouldn’t start, but she really wanted to be there, and it’s the thought that counts.
    Nenekmu tidak bisa pergi ke resitalmu karena mobilnya tidak mau menyala, tapi dia benar-benar ingin berada di sana, dan itulah hal yang lebih penting.

  3.  A: “But I wanted a toy for my birthday, not a sweater.”
    B: “It’s the thought that counts, Benjamin. Your grandmother spent a lot of time making it for you.”
    A: “Tapi aku ingin mainan untuk ulang tahunku, bukan sweater.”
    B: “Inilah hal yang lebih penting, Benjamin. Nenekmu menghabiskan banyak waktu membuatnya untukmu.”

#idiom

Breaks My Heart

Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya. Lebih banyak kita menguasai idiom, maka semakin baiklah kemampuan bahasa inggris yang kita miliki.

Hari ini idiom yang kita bahas adalah Breaks my heart. Terdiri dari kata breaks dan heart. Kata breaks artinya adalah “patah/hancur” dan kata heart  artinya “hati”. Ketika menjadi sebuah idiom, maka Breaks my heart artinya adalah “mematahkan atau menghancurkan hati atau membuat orang merasa sedih.” Frasa ini sering dikatakan tentang berakhirnya hubungan romantis.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini contohnya:

  1. I know Adam broke your heart, but there are lots of guys out there who would treat you well.
    Saya tahu Adam menghancurkan hatimu, tetapi ada banyak orang di luar sana yang akan memperlakukan kamu dengan baik.

  2. That poor, skittish cat just breaks my heart—I can’t believe someone abandoned her!
    Kucing yang malang dan ketakutan itu membuatku patah hati — aku tidak percaya seseorang meninggalkannya!

  3. It breaks my heart to see him so unhappy.
    Hatiku hancur melihat dia sangat tidak bahagia.

Bilingual

Bilingual adalah berita dua bahasa yang akan membantu Bujang Dare untuk mempelajari dan lebih memahami Bahasa Inggris. Serta menambah wawasan dunia tentang berbagai informasi dan berita masa kini. Untuk hari ini sebuah topik telah dipilih khusus untuk Bujang Dare.

Nobel Peace Prize
Hadiah Nobel Perdamaian

Nadia Murad and Dr Denis Mukwege were awarded the Nobel Peace Prize during a ceremony in Oslo last Monday.
Nadia Murad dan Dr Denis Mukwege dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian pada acara di Oslo, Senin lalu.

Nadia Murad is a Yazidi woman. She is a member of the Yazidis who are a religious, minority indigenous to a region of northern Mesopotamia. She had been kidnapped by ISIS, and she won the prize for her advocacy for sex abuse victims.
Nadia Murad adalah wanita Yazidi. Dia adalah anggota Yazidi yang merupakan pribumi beragama minoritas di wilayah Mesopotamia Utara. Dia telah diculik oleh ISIS dan dia memenangkan hadiah karena pembelaannya untuk korban pelecehan seksual.

In her speech, she thanked everyone for the honour, but she said that the only prize in the world which could restore the dignity of sex abuse victims was justice and the prosecution of criminals.
Dalam pidatonya, dia mengucapkan terima kasih kepada semua orang untuk kehormatan ini, tetapi dia mengatakan bahwa satu-satunya hadiah di dunia yang dapat mengembalikan martabat korban pelecehan seksual adalah keadilan dan penuntutan para penjahat.

Furthermore, she said that there was no award that could compensate for friends and loved ones who were killed only because they were Yazidis. The only thing which could restore a normal life, she said and protection for the rest of the community.
Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa tidak ada penghargaan yang dapat mengimbangi teman-teman dan orang-orang terkasih yang terbunuh hanya karena mereka adalah Yazidi. Satu-satunya hal yang bisa mengembalikan kehidupan normal, katanya, dan perlindungan untuk seluruh masyarakat.

Dr Denis Mukwege from the Congo won the Peace Prize for helping sexually abused women at a hospital that he founded.
Dr Denis Mukwege dari Kongo memenangkan Hadiah Perdamaian karena membantu para wanita yang mengalami pelecehan seksual di sebuah rumah sakit yang ia dirikan.

Difficult words: indigenous (native to, local to), Mesopotamia (an area between the Rivers Tigris and Euphrates – present-day Iraq), advocacy (support for, speaking about a problem to help people), dignity (self-respect, not being scared and hurt), prosecution (catching and punishing a criminal).

Kata-kata yang sulit: asli (asli, lokal), Mesopotamia (daerah antara Sungai Tigris dan Efrat – Irak masa kini), advokasi (dukungan untuk, berbicara tentang masalah untuk membantu orang), martabat (harga diri, tidak takut dan terluka), penuntutan (menangkap dan menghukum penjahat).