Proyek Musical Bams

Suar: Tentang Tuhan dan Pertanyaan yang Tak Hendak Dijawab

Polka Wars melalui ‘Suar’ membutikan bahwa album terbaru mereka ‘Bani Bumi’ bukan proyek perorangan namun kerja kolektif dimana masing-masing personil mampu mengeluarkan kemampuan bernyanyi dan mencipta lirik yang mumpuni.

Single terbaru Polka Wars tampak berbeda dengan dua single mereka sebelumnya yang banyak bercerita tentang sekitar, kini lagu yang ditulis oleh sang drummer, Giovanni Rahmadeva terasa begitu personal.

Ada kalanya manusia berjarak dengan Tuhan untuk melihat bagaimana Tuhan dan dunia bekerja, juga untuk melihat sejauh mana diri ini mampu mengimbangi kehendak Tuhan dengan segala rencananya. ‘Suar’ juga bercerita tentang hubungan manusia  yang berhenti untuk meminta. “Mengenai keengganan manusia untuk meminta dan meminta lagi karena tidak bisa mencerna mana yang merupakan obat mana yang merupakan racun, dan mana yang merupakan jawaban mana yang merupakan ujian” ujar Deva mengenai lagu yang ia tulis.

Tak hanya itu ‘Suar’ juga merupakan pengingat bahwa manusia memerlukan momen untuk berhenti sejenak dan membiarkan angin membawa kita kemana Ia inginkan. ‘Suar’ ialah titik netral dari sebuah perjalanan, di mana seorang manusia memilih untuk ‘netral’ dan bersandar pasrah terombang-ambing gelombang tenang dalam samudera yang luas,” tutup Deva. ‘Suar’ dengan kata lain seperti sebuah pertanyaan yang tak hendak dijawab.

Disarikan dari rilis Polka Wars, 2019.