Wakil Gubernur Kalbar Ajak Semua Instansi Pemerintahan Manfaatkan Media Sosial

Singkawang jadi Satu-satunya Daerah di Kalbar yang dilintasi Gerhana Matahari Cincin

Kota Singkawang Kalimantan Barat menjadi salah satu daerah yang dilintasi Gerhana Matahari Cincin atau GMC yang akan berlangsung pada 26 Desember 2019

Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika Bulan terletak diantara Bumi dan Matahari. Piringan Bulan tepat berada di tengah-tengah piringan Matahari tetapi sisi pinggirnya tidak tertutup sempurna, sehingga seolah membentuk cincin.

Staf Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer Lapan Kota Pontianak, Nata Miharja menjelaskan, Gerhana Matahari dapat dilihat dengan menggunakan alat bantu seperti Teleskop, Kamera Pinhole, Kamera DSLR dilengkapi Filter Cahaya, dan Kacamata Matahari.

Menurutnya, apabila melihat Gerhana Matahari tanpa alat bantu akan terjadi beberapa dampak seperti sakit mata, mata berair, kepala pusing, hingga kebutaan.

Sementara itu, Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kebudayaan Kota Singkawang, Safari Hamzah memaparkan, pemerintah Singkawang pada tanggal 3 Desember nanti akan mengadakan seminar untuk mensosialisasikan kepada masyarakat serta sekolah-sekolah yang ada di Singkawang mengenai Gerhana Matahari Cincin. 

Menurutnya ini adalah peristiwa langka, yang harus diinformasikan kepada masyarakat baik itu dalam konteks ilmu pengetahuan maupun fenomena alam.

Untuk lokasi pengamatan Gerhana Matahari Cincin berada di Masjid Raya Singkawang dimulai gerhana matahari sebagian pada pukul 10.43 hingga puncak gerhana matahari cincin pada pukul 12.42 WIB.

 

Jurnalis : Indri