Sikap dan Ujaran Kebencian Netizen: “whats ur problem”

Sikap dan Ujaran Kebencian Netizen: “whats ur problem”

Setelah melewati tahun 2018 yang produktif dengan merilis 3 single yaitu, CA$HMERE, WHACHU MEAN, dan I AM ME, di paruh awal tahun 2019 ini Ramengvrl kembali menunjukkan produktivitasnya.

Lewat lagu terbarunya yang berjudul “whats ur problem”, Ramengvrl berteriak soal kegelisahannya dalam melihat sikap netizen yang kerap berbicara buruk tentang orang lain di ranah internet, khususnya media sosial.

“Di media sosial tuh gue sering banget melihat orang-orang ngomongin yang buruk-buruk soal orang lain, apalagi soal selebriti. Nggak sedikit dari omongan orang-orang itu yang lebih nunjukin kebencian gitu. Buat gue, itu udah cukup mengganggu sih,” jelas Ramengvrl.

“Di lagu ini sih gue kayak ngomong aja gitu ke orang-orang yang sering ngomongin hal-hal buruk di internet itu, ‘kenapa sih lo semua kayak gitu? Kenapa jadi kalian yang justru problematik banget soal hal apa pun di internet?’. Lebih kayak gitu aja sih,” tambah rapper wanita yang identik dengan rambut bob dan kacamata ini.

Ada  hal yang berbeda saat ia mengerjakan lagu “whats ur problem” ini. Untuk lagu ini, ia bekerja sama dengan seorang beat maker bernama Khroam, yang ditemuinya secara tidak sengaja di YouTube. 

Diakuinya bahwa ini pertama kalinya ia melakukan hal seperti ini, mencari dan menemukan beat yang dirasa sesuai untuk lagunya. Karena biasanya, ia bekerja sama dengan produser untuk membuat beat-nya dari tahap awal.

“Soalnya pas workshop bareng produser gue, nggak ketemu beat yang cocok, hahaha! Ya akhirnya gue iseng aja ‘window shopping’, cari-cari beat, dan ketemu. Hasilnya pun ternyata bagus,” sambar wanita bernama asli Putri Soeharto ini.

“whats ur problem” merupakan potongan awal dari apa yang akan Ramengvrl sajikan di dalam mixtape pertamanya, yang rencananya akan dirilis di akhir bulan April ini.

Disarikan dari rilis Juni Records & Nadarama Recording, 2019.