Wakil Gubernur Kalbar Ajak Semua Instansi Pemerintahan Manfaatkan Media Sosial

Seminar 100 Tahun Pers Kalimantan Barat di Pontianak

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalbar bekerja sama dengan Dewan Harian Daerah (DHD) 45  Kalbar  dan FISIP Universitas Tanjungpura mengadakan kegiatan Seminar 100 Tahun Pers Kalimantan Barat di Aula S2 FISIP UNTAN, Pontianak (01/09). Kegiatan ini bertemakan “Memaknai Refleksi Seabad Pers Kalimantan Barat 1919-2019”.

Kegiatan Seminar ini dihadiri oleh Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry CH Bangun, Dekan FISIP UNTAN Dr.  Martoyo, M.A, ketua DHD 45 Kalbar, H. Syafarudin Usman, S.Pd., S.H., M.H., Ketua PWI Provinsi Kalbar, Gusti Yusri, SH., dan Wakil Rektor 1 Universitas Tanjungpura, Dr. Aswandi. Peserta pada kegiatan ini yaitu Mahasiswa dari Program Studi Ilmu Komunikasi Untan, serta insan pers yang ada di Kalimantan Barat.

Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry CH Bangun menyampaikan, ia memaknai 100 Tahun Pers Kalbar ini dengan melihat kembali fungsi Pers yaitu memberi informasi yang dibutuhkan sekaligus mengedukasi masyarakat. Ia juga mengatakan kita tetap harus memegang idealisme pers yaitu untuk menjadi pelayan bagi kebutuhan publik, khususnya publik yang terpinggirkan, publik yang membutuhkan akses informasi lebih, publik yang membutuhkan pembangunan.

Ketua Dewan Harian Daerah 45 Kalbar, H. Syafarudin Usman, berharap pada 100 Tahun Pers Kalimantan Barat ini, semoga kita dapat meneladani sikap sebagai seorang jurnalis profesional, yang mampu mengayomi, dan menghadirkan komunikasi dua arah, dan sehingga kita bisa terhindar dari berita hoaks.


Peserta Seminar 100 Abad Pers Kalbar, Elsyifa Noranda mengaku mendapat pengetahuan yang baru tentang sejarah Pers Kalbar serta hal hal terkait dunia jurnalistik. Ia juga berharap semoga kegiatan ini mampu membuat para peserta menghargai lagi keberadaan pers dan ikut serta menjaga keberadaannya sebagai penyambung lidah rakyat dan akses pengetahuan untuk masyarakat.