Wakil Gubernur Kalbar Ajak Semua Instansi Pemerintahan Manfaatkan Media Sosial

Rumpon Bersama Rumah Zakat Gelar Latihan Gabungan Untuk Relawan

Rumah Komunitas Pontianak (RUMPON) berkolaborasi dengan Rumah Zakat menggelar kembali Latihan Gabungan untuk relawan di Aula Keperawatan Universitas Tanjungpura, pada Sabtu (04/01).

Pada kegiatan kali ini relawan diberikan materi tentang bagaimana pertolongan gawat darurat pertama pada korban bencana alam, kebakaran maupun seseorang yang tenggelam.

“Tujuan dilaksanakannya latihan gabungan ini untuk menambah skill relawan serta bisa diandalkan jika terjadi bencana. Relawan yang sudah bekerja secara sukarela berhak mendapatkan materi terbaik dari mereka yang professional di bidang medis.” ujar Selasmawati, selaku Koordinator Latihan Gabungan kali ini.

Ini merupakan latihan gabungan yang ke-2 diadakan setelah yang pertama pemberian materi pemadaman lahan oleh BPBD Kota Pontianak.

“Latgab Gawat Darurat ini diikuti oleh 100 komunitas yang berada di Kalimantan Barat dengan materi yang diberikan oleh bapak Siqid Handanu selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak. Pemateri latihan gabungan ini merupakan instruktur profesional bapak Uti Rusdian Hidayat, M.Kep yang professional di bidangnya,” tuturnya.

Tak hanya diberikan teori tentang pertolongan gawat darurat, relawan juga diberikan praktek untuk memberikan pertolongan serta cara-cara menangani korban bencana dengan benar agar jika suatu saat petugas medis belum datang, relawan sudah bisa memberikan apa yang mereka tahu.

“Harapannya semoga kegiatan ini bisa terus berlanjut dan rutin diadakan agar kita tidak buta saat bencana terjadi dan siap dengan segala kondisi,” pungkas satu diantara peserta, Hilman.


Jurnalis : Dinto