Wakil Gubernur Kalbar Ajak Semua Instansi Pemerintahan Manfaatkan Media Sosial

Laboratorium Rumah Pintar Pemilu Khatulistiwa Diresmikan Untuk Umum

Laboratorium Rumah Pintar Pemilu resmi dibuka untuk umum oleh KPU Provinsi Kalimantan Barat, senin (30/12).

Rumah pintar pemilu adalah sebuah konsep pendidikan yang dilakukan melalui pemanfaatan ruang dari suatu bangunan atau bangunan khusus untuk melakukan seluruh program aktivitas proyek edukasi masyarakat pada rumah pintar Pemilu.

“Pada fungsi yang lebih luas konsep rumah pintar Pemilu dapat difungsikan menjadi semacam museum pemilu, sarana itu dapat berupa sejarah proses kepemiluan dan simulasi proses pemilihan.” ungkap Ketua KPU Provinsi Kalimantan Barat, Ramdan.

Ia juga mengungkapkan bahwa di satu sisi LRPP ini adalah sebagai program pendidikan pemilih, disisi lain menjadi wadah bagi komunitas pegiat Pemilu membangun gerakan berbagai sarana untuk memberikan pengetahuan pemahaman kesadaran dan inspirasi tentang pentingnya pemilu dan demokrasi.

“Terdapat empat klasifikasi ruangan yang memiliki fungsi penayangan audio visual, ruang pameran, ruang simulasi dan ruang diskusi. ” tuturnya.

Laboratorium Rumah Pintar Pemilu Khatulistiwa ini memuat pertama ruang studio yaitu ruang untuk pemutaran film-film kepemiluan dan dokumentasi program kegiatan kepemiluan pada ruang studio tersedia layar, kemudian sound system, tata cahaya, kursi penonton, proyektor, perangkat pemutar film dan tenaga teknisi.

Selasar display galeri untuk menampilkan bahan atau alat peraga Pemilu seperti maket atau diorama.

Diorama merupakan bentuk visualisasi 3 dimensi yang menceritakan tentang proses dan atau peristiwa kepemiluan dan demokrasi antara lain seperti proses pemungutan suara, denah TPS, berikutnya papan informasi dinding dapat berbentuk digital maupun papan statis yang menampilkan bahan atau alat peraga Pemilu, seperti surat suara formulir-formulir yang digunakan dalam Pemilu.

Selanjutnya ruang simulasi, ruang ini berisi alat peraga yang digunakan dalam simulasi antara lain simulasi tentang pemungutan dan penghitungan suara penghitungan alokasi perolehan kursi dan sebagainya.

Dan yang terakhir ruang diskusi, ruang ini dirancang untuk melakukan audiensi atau pertemuan diskusi workshop seminar tentang pemilu dan demokrasi.

Adapub peresmian Rumah Pintar Pemilu Khatulistiwa Provinsi Kalimantan Barat terkait digitalisasi data yang terdapat di dalam RPP itu sendiri. Sebelumnya Rumah Pintar Pemilu telah diresmikan pada tanggal 15 Juni 2016 yang lalu.

“Harapannya semoga kami bisa lebih memberikan informasi tentang kepemiluan khususnya di Kalimantan Barat,” pungkasnya.

 

Jurnalis : Dinto