Kota & Ingatan Rilis Single “Setiap Musim di Tanah Kami”

Kota & Ingatan Rilis Single “Setiap Musim di Tanah Kami”

Jelang penghujung tahun, tepat pada 1 November 2019, kugiran asal Yogyakarta, Kota & Ingatan merilis single bertajuk “Setiap Musim di Tanah Kami.”

Catatan berdurasi lima menit, empat puluh satu detik ini dapat disimak melalui kanal Youtube dan berbagai platform digital band yang digawangi Herda Mukti Setiyawan (gitar), Addie Setyawan (bass), Maliq Adam (gitar), Aji Prasetyo (drum) dan Aditya Prasanda (pelafal teks) tersebut.

Setiap Musim di Tanah Kami, merupakan hasil “kerja bersama” Kota & Ingatan dengan banyak teman yang turun ke jalan selama mengikuti aksi massa #reformasidikorupsi. Kurang lebih satu bulan, Kota & Ingatan mengumpulkan footage dan teks yang tersebar dari aksi demonstrasi paling masif pasca reformasi tersebut.

“Seluruh teks dalam catatan ini dihimpun dan digubah dari poster aksi teman-teman demonstran #reformasidikorupsi. Pun sebagian besar footage dalam catatan ini merupakan hasil tangkapan beberapa teman yang turun ke jalan selama aksi berlangsung,” papar Aditya Prasanda, pelafal teks kelompok musik yang berdiri sejak paruh awal 2016 ini.

Dalam praktiknya, melalui aba-aba di media sosial, Kota & Ingatan bekerja bersama videografer, Nerpati Palagan, mengumpulkan footage hasil kiriman secara sukarela beberapa demonstran yang mengikuti aksi #reformasidikorupsi. Footage tersebut kemudian dihimpun bersama aneka footage lain yang menangkap beragam ketegangan sebelum dan sesudah reformasi.