Komunitas Youlead adakan Program Saling Setia yang Konsen dengan Masalah Sampah

Saling Setia merupakan program dari komunitas Youlead wilayah Pontianak yang mengangkat tentang masalah pengolahan sampah. Berdasarkan hasil riset terbaru dari Sustainable Waste Indonesia mengungkapkan sebanyak 24 persen sampah di Indonesia masih tidak dikelola.

Pengolahan sampah yang paling tepat adalah dengan mendaur ulang berdasarkan jenis sampahnya. Jenis sampah dibedakan menjadi tiga, yaitu organik, anorganik, dan B3. Sampah organik adalah sampah yang berasal dari alam dan mudah terurai, kemudian sampah anorganik yang sulit diuraikan kembali, lalu sampah  B3 yaitu bahan beracun berbahaya yang mengandung limbah kimia.

Menurut Arumi dari program Saling Setia mengatakan penting untuk membedakan sampah berdasarkan jenisnya untuk didaur ulang.

Jumlah sampah akan terus meningkat setiap harinya apabila tidak diimbangi dengan upaya untuk mengurangi penggunaan sampah sekali pakai. Memisahkan sampah berdasarkan jenisnya akan membantu dalam proses penguraian dan daur ulang agar tidak lagi ada sampah yang menumpuk akibat tidak dikelola.

 

Jurnalis : Ayun