Indonesia 10 – 24/3/2019

Diskoria, duo DJ asal Jakarta yang selama ini selalu membawakan lagu-lagu populer Indonesia dari musisi lain, akhirnya merilis singel debut berjudul Balada Insan Muda. Lagu imi digarap bersama trio komposer Laleilmanino.

Diskoria, yang aktif dari panggung ke panggung, adalah Merdi Simanjuntak dan Fadli Aat. Laleilmanino adalah grup penulis lagu dan komposer bentukan Lale dan Ilman, personel Maliq & D’essentials, serta Nino personel RAN.

Menurut Merdi dan Aat, Balada Insan Muda adalah interpretasi mereka berlima atas musik pop Indonesia era 1980-an lewat aransemen musik dan penulisan lirik. Mereka memakai alat musik yang dirasa relevan dan mampu mewakili era itu, seperti synthesizer analog dan piano Rhodes. 

Soal lirik, mereka juga memilih diksi yang bisa menciptakan kesan 1980-an dan membawa pendengar seolah-olah pergi ke zaman itu. Bagaimana jika kita tak pernah hidup pada zaman itu? Ya, tinggal bayangkan saja lewat lagu-lagu pop tahun itu, seperti Di Batas Senja dari Chaseiro atau Galih dan Ratna dari Chrisye.
 
Selama ini, Diskoria selalu tampil membawakan lagu Indonesia saja dalam versi remix disko. Untuk singel debut ini, mereka juga tetap mengusung misi menjadikan lagu Indonesia pilihan nomor satu. Menurut Merdi,  Indonesia juga memiliki musik pop berkualitas pada tiap era.

“Pilihan bagi orang Indonesia untuk mendengarkan lagu pop berkualitas itu sebenarnya sangat luas sehingga tidak perlu menjadi pilihan terakhir untuk didengarkan dibanding lagu pop mancanegara.”

Sumber

# ML Masa Judul Artis
1 4 6 Balada Insan Muda Diskoria
2 2 6 Pleaser Elephant Kind
3 1 7 Peluk Riuh Sunyi
4 5 5 Masa-Masa The Adam
5 6 4 Woo Woo (feat. Leanna Rachel) Sore
6 8 3 Pikiran dan Perjalanan Barasuara
7 3 8 Sabda Rindu Manjakani
8 9 2 Senja Teduh Pelita Maliq & d'Essentials
9 10 2 WKNDCRUISIN' Teza Sumendra
10 Baru 1 Looking For (feat. Mira Jasmine) Kayman

Chart Terbaru​