Volare Chit Chat: Joining Organization

#howtosayit

Skew-whiff
Bujang Dare, kita akan membahas cara pengucapan dan penggunaan sebuah idiom yang sering native speaker Bahasa Inggris gunakan sehari-hari. Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya.

Idiom yang akan kita bahas hari ini adalah Skew-whiff. Terdiri dari kata SKEW dan WHIFF. Kata SKEW artinya adalah “condong atau miring” dan kata WHIFF  artinya “bau atau endusan”. Ketika menjadi sebuah idiom, maka Skew-whiff digunakan untuk “mendeskripsikan hal-hal yang tidak lurus atau tidak seperti yang seharusnya”.

Berikut ini contohnya:

  1. You’ve got your hat on skew-whiff.
    Topimu kurang pas posisinya.
  2. It does seem to me our choices here are increasingly skew-whiff.
    Menurutku, sepertinya pilihan kita saat ini semakin keliru.
  3. Things went a bit skew-whiff when I lost my wife.
    Segala sesuatunya berubah menjadi tidak seperti yang seharusnya ketika aku kehilangan istriku.

#idiom

Hit Me 

Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya. Lebih banyak kita menguasai idiom, maka semakin baiklah kemampuan bahasa inggris yang kita miliki.

Hari ini idiom yang kita bahas adalah Hit Me. Terdiri dari kata Hit dan Me. Kata HIT  artinya adalah “memukul” dan ME artinya “saya”. Ketika menjadi sebuah idiom, maka Hit Me artinya adalah “memanggil atau menghubungi seseorang maupun menerima tawaran untuk dimasukkan dalam sesuatu”.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini contohnya:

  1. Please, when you get back around the way, hit me.
    (Silakan ketika kamu kembali kesini, hubungi aku.)
  2. We’re going up hit the road for pizza. You in?
    (Kami akan pergi keluar untuk makan pizza. Kamu ikut?)
  3. When I said it was bad news, he said, “Hit me. Let’s have it.”
    (Ketika saya mengatakan itu adalah berita buruk, dia berkata, “Beritahu aku. Ayo kita hadapi.”)

#bilingual

Bilingual adalah berita dua bahasa yang akan membantu Bujang Dare untuk mempelajari dan lebih memahami Bahasa Inggris. Serta menambah wawasan dunia tentang berbagai informasi dan berita masa kini. Untuk hari ini sebuah topik telah dipilih khusus untuk Bujang Dare.

Fox in a Dishwasher
(Rubah di dalam sebuah Mesin Pencuci Piring)

A fox cub, presumably looking for food, got itself stuck in a dishwasher in a London household. Luckily for it, the owner found it and is a vet.
(Seekor rubah, mungkin mencari makanan, terjebak dalam mesin pencuci piring di sebuah rumah di London. Untungnya, pemilik menemukannya dan ia seorang dokter hewan.)

With years of experience, he could tell that the fox was just a few months old and seemed to be very scared. He removed the dishwasher’s bottom trolley and, after some persuasion with a sweeping brush, the frightened animal crept out of the appliance and made a dash for the garden where people later saw it with its mother.
Dengan pengalaman bertahun-tahun, ia bisa tahu bahwa rubah itu baru berumur beberapa bulan dan tampaknya sangat ketakutan. Dia melepaskan troli bawah mesin pencuci piring dan setelah beberapa bujukan dengan sikat penyapu, hewan yang ketakutan itu merayap keluar dari alat dan segera berlari ke taman dimana orang kemudian melihatnya dengan ibunya.

Difficult words: cub (a baby animal such as a fox or a bear), presumably (probably, what somebody would think), persuasion (persuading somebody – telling him or her to do something), creep (move slowly and carefully), make a dash for (run somewhere suddenly and fast).

Kata-kata yang sulit: anak (bayi binatang seperti rubah atau beruang), mungkin (mungkin, apa yang dipikirkan seseorang), persuasi (membujuk seseorang – menyuruhnya melakukan sesuatu), merayap (bergerak perlahan dan hati-hati), membuat sebuah tanda untuk (lari ke suatu tempat tiba-tiba dan cepat).

English, Please!

Let's Practice Your English!

Come and participate in our "English, Please" segment. Simply click this button below and register your name!

Yes, I want to join!