FOTISMINI: Two Door Cinema Club

Two Door Cinema Club adalah kelompok musik asal Bangor, Irlandia Utara, beranggotakan Alex Trimble (vokal, gitar), Kevin Baird (bass, synthesizer) dan Sam Halliday (gitar).

Sejarah Two Door Cinema Club diawali ketika mereka mengikuti kompetisi band ATL Rock School dengan nama Life Without Rory. Sempat merilis 3 lagu demo sebelum akhirnya bubar. Mereka kemudian berganti nama band yang diambil dari bioskop lokal, Tudor Cinema. Namun gara-gara Sam salah mengeja, nama band menjadi Two Door Cinema Club pada 2007.

Hingga kini, Two Door Cinema Club telah merilis 3 album, Tourist History (2010), Beacon (2012) dan Gameshow (2016). Juga ada EP Four Words to Stand On (2008) dan EP Changing of the Seasons (2013). Saat merilis album pertama, mereka bergabung dengan label musik elektronik asal Prancis, Kitsune. Merek juga bekerja sama dengan Phillipe Zdar sebagai mixing album. Zdar mengaku sempat merasa kesulitan berkomunikasi dengan Two Door Cinema Club karena aksen Irlandia yang sedikit sulit dipahami, namun Zdar memberi pujian kepada mereka yang begitu semangat dan antusian dalam bermusik.

Bicara soal prestasi, Two Door Cinema Club masuk dalam daftar “BBC’s Sound of … 2010”, sebuah polling 165 pelaku industri musik Inggris dalam mencari musisi baru. Album Tourist History memenangkan Choice Music Prize pada Irish Album of the Year 2010. Beberapa kali dinominasikan NME, di antaranya untuk kategori Best Album untuk album Tourist History, Best Live Band dan Best British Band. Lagu-lagunya juga sering digunakan untuk promosi, lho! Mulai soundtrack game sampai iklan produk.

Lagu di album keempat, False Alarm, sudah mulai dikerjakan sejak tur album Gameshow. Mereka menambah hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Seperti Kevin yang menggunakan bass synthesizer dan Alex menyanyi dengan suara lebih rendah, misalnya di lagu “Satellite”.

Foto pada sampul album False Alarm diambil oleh fotografer Aleksandra Kingo, menampilkan ketiga personil dikelilingi alarm, megafon, telepon dan tanda-tanda bahaya. False Alarm akan dirilis pada 14 Juni 2019 dan diproduseri Jacknife Lee (produser U2, The Killers). Di album ini mereka bekerja sama dengan grup asal Zimbabwe, Mokoomba dan Open Mike Eagle. Jelang perilisan album, mereka sudah merilis 3 single, Dirty Air, Satellite dan Talk.

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Kamis malam pukul 9!