FOTISMINI: The Vaccines

The Vaccines, band asal London, Inggris dibentuk pada 2009 oleh Justin Young (vokal, gitar) dan Freddie Cowan (gitar). Kemudian bergabung Arnie Arnason (bass) dan Pete Robertson (drum). Agar dikenal publik, mereka mengunggah demo “If You Wanna” di YouTube pada Agustus 2010. Usaha tersebut membawa hasil, disukai oleh Zane Lowe, radio DJ dan pembawa acara musik di BBC Radio saat itu yang tentu saja membantu mengangkat nama The Vaccines di dalam siarannya. Majalah Clash bahkanmemprediksi The Vaccines sebagai band gitar era baru.

The Vaccines berada di dalam tim manajemen yang sama dengan Franz Ferdinand dan Kaiser Chiefs. Bukan sembarang manajemen. Tak heran, mengingat mereka mampu keluar sebagai pemenang ketiga BBC Sound of 2011. Di tahun yang sama pula THe Vaccines muncul di sampul majalah NME dan mendapatkan kontrak dari label Columbia Records.

Hingga kini, The Vaccines telah merilis album What Did You Expect from The Vaccines? (2011), Come of Age (2012), English Grafitti (2015) dan Combat Sports (2018). Bekerja sama dengan banyak produser menjadi cara The Vaccines untuk menghasilkan karya yang penuh warna. Produser yang pernah terlibat antara lain Dan Grech-Marguerat, Albert Hammond Jr, Ethan Johns, John Hill, Rich Costey, Dave Fridmann, sampai Ross Orton.

Penulisan lirik sebagian besar dikerjakan oleh Justin Young. Inspirasinya menulis lagu diantaranya datang dari oara musisi seperti Jonathan Richman, The Beach Boys, Descendents, Gene Clark, Big Star, The Clash, Arthur Russel, Gorillaz, Shin Jung-hyeon sampai Leonard Cohen. Bukan hanya untuk band sendiri, Justin juga pernah menulis lagu untuk grup One Direction, lho!

Juni 2017, Pete memutuskan mundur dari band, posisinya digantikan Yoan Intonti (drummer band Spector) dan keyboardist Timothy Lanham direkrut untuk bergabung. Dengan formasi berlima, The Vaccines merilis Combat Sports yang diproduseri Ross Orton. Menurut mereka, album ini berisikan lagu yang diterima membuat pendengar ingat dengan band era 70an dan 80an seperti Big Star, Todd Rundgren dan Guided by Voices.

All My Friends Are Falling In Love sempat menjadi “Hottest Record” versi Annie Mac di BBC Radio 1. Lagu ini ditulis Justin bersama Cole MGN dan diproduseri Daniel Ledinsky (produser Rihanna, Shakira, TV on the Radio). Kamu suka?