FOTISMINI: The Smashing Pumpkins

The Smashing Pumpkins adalah band asal Chicago, Amerika Serikat, saat ini beranggotakan Billy Corgan (vokal, gitar, bass), James Iha (gitar), Jeff Schroeder (gitar), dan Jimmy Chamberlain (drum). Band ini terbentuk pada 1988, sempat bubar pada 2000 dan kembali bersama pada 2006. Awalnya dibentuk Billy, James, Jimmy, dan D’arcy Wretzky (bassis). D’arcy memutuskan mundur dan posisinya sempat diisi Melissa Auf Der Maur, Nicole Fiorentino, dan Billy sendiri.

Popularitas musik alternatif, grunge pada awal 1990an turut membuat nama The Smashing Pumpkins dikenal luas. Terutama setelah rilisnya album ketiga, Mellon Collie and the Infinite Sadness (1995), diproduseri Billy dan Butch Vig. Album yang terjual lebih dari 10 juta copy ini, tidak hanya menuai pujian dari kritikus, tapi juga sering diputar di radio musik rock sampai pop. Mereka memenangkan Best Hard Rock with Vocal Performance di Grammy Awards, dan dinominasikan untuk 6 kategori lainnya.

Kesuksesan dan ketenaran the Smashing Pumpkins harus dibayar mahal. Tekanan, terlibat dengan obat-obatan terlarang, konflik internal band, menjadi alasan mereka bubar pada 2000. Sempat diwarnai drama reuni yang dilakukan Billy, seperti tampil satu halaman pada harian Chicago Tribune dan Chicago Sun-Times sampai beberapa personil menolak untuk reuni. The Smashing Pumpkins tetap aktif merilis album seperti Zeitgeist (2007), Teargarden by Kaleidyoscope (2009), Oceania (2011), dan Monuments to an Elegy (2014).


Tidak seperti band rock alternatif lainnya, musik the Smashing Pumpkins memiliki ragam elemen dari gothic rock, heavy metal, dreampop,  psychedelic rock, progressive rock, shoegazing, sampai electronica.  Tak heran, mengingat sepuluh album yang dirilis diproduseri Billy dan sederet panjang nama: Butch Vig, Flood, Alan Moulder, Brad Wood, Terry Date Roy, Thomas Baker, Kerry Brown, Bjorn Thorsrud, Howard Willing, Jeff Schroeder, dan Rick Rubin.

Februari 2018, diumumkan bahwa James dan Jimmy bergabung kembali dengan band. Jadwal tur “Shiny and Oh So Bright Tour” dimulai pada Juli 2018. Formasi awal ini sayangnya tanpa didukung bassis awal D’arcy Wretzky. Shiny and Oh So Bright, Vol. 1 / LP: No Past. No Future. No Sun., menjadi album kesepuluh yang diproduseri Rick Rubin, dan akan dirilis pada 16 November 2018.