FOTISMINI: The Raconteurs

The Raconteurs yang dibentuk pada 2005, beranggotakan musisi berbakat asal Detroit, Michigan, Jack White (vokal, gitar), Brendan Benson (vokal, gitar), Jack Lawrence (bass) dan Patrick Keeler (drum).

Nama mereka di Australia diganti, lho, Bujang Dare, menjadi The Saboteurs, berhubung sudah ada nama band asal Queensland, Australia, yang memakai nama the Raconteurs lebih dulu.

Album yang dirilis baru dua, yakni Broken Boy Soldier (2006) dan Consolers of the Lonely (2008).

Karena setiap personil memiliki karir yang sukses di proyek musik lain, the Raconteurs sempat disebut sebagai supergroup. Namun, mereka menolak disebut demikian. Mereka menganggap sebutan  supergroup lebih cocok disematkan pada band memang sengaja dipersiapkan atau yang kebersamaannya berlangsung sementara saja. Mereka menyebut The Raconteurs sebagai band baru dari kumpulan teman-teman lama.

Di album kedua, Consolers of the Lonely, the Raconteurs tidak melakukan promosi sampai sepekan sebelum album dirilis. Ternyata albumnya beredar lebih dulu di iTunes, 4 hari sebelum jadwal perilisan. Pihak iTunes mengungkapkan album tersebut bocor karena ketidaksengajaan dan ditarik kembali sampai jadwal perilisan.

Soal penghargaan, the Raconteurs menyabet Grammy Awards 2009 kategori Best Engineered Album, Non Classical.

Setelah menuntaskan tur album kedua, masing-masing personil sibuk dengan proyek musik lain. Jack White, membentuk supergrup The Dead Weather dan merilis album solo. Jack Lawrence, selain di the Dead Weather juga aktif di the Greenhornes. Patrick Keeler tur bersama The Afghan Whigs dan the Greenhornes. Sedangkan, Brendan Benson merilis album solo.

Meski sempat beredar kabar akan kembali bersama setelah tampil sepanggung pada 2015, kabar reuni mereka baru diumumkan pada Oktober 2018.

Pada Oktober 2018, the Raconteurs merilis album reissue Consolers of the Lonely, secara eksklusif dari label Third Man Record Vault Collection. Kabar akan dirilisnya album ketiga mereka semakin diperkuat dengan dirilisnya 2 single terbaru, Sunday Driver dan Now That You’re Gone. Menurut Jack, album ketiga berisikan lagu-lagu yang menjadi penerus rock n roll Detroit dan Nashville. Jack kembali menulis lagu bersama Brendan Benson.

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Kamis malam pukul 9!