FOTISMINI: The Head and The Heart

Band asal Seattle, Amerika Serikat ini dibentuk pada 2009 beranggotakan Josiah Johnson dan Jonathan Russell (vokal, gitar, perkusi), Charity Rose Thielen (biola, gitar, vokal), Chris Zasche (bass), Kenny Hensley (piano) dan Tyler Williams (drums).

The Head and the Heart telah merilis 4 album, The Head and the Heart (2011), Let’s Be Still (2013), Signs of Light (2016) dan Living Mirage (2019).

Seattle, menjadi kota yang mempersatukan keenam personil band. Mereka mengerjakan sendiri album perdana dan laris terjual sampai menjadi rebutan label rekaman. The Head and the Heart disebut media lokal Seattle, City Art Magazine sebagai “Seattle’s Best New Band” . Lagu-lagu mereka banyak digunakan pada serial televisi populer Amerika Serikat, seperti Chuck, How I Met Your Mother, New Girl dan The Good Doctor.

Debut The Head and the Heart bersama label besar, Warner Bros Records dimulai dengan dirilisnya album ketiga, Signs of Light yang diproduseri Jay Joyce (produser The Wallflowers, Cage the Elephant, The Warren Brothers). Albumnya debut di posisi lima pada tangga album Billboard 200 dan posisi pertama pada Top Rock Album.

Sayangnya kesuksesan mereka mulai goyah setelah personil dan pendiri band, Josiah Johnsons terlibat masalah dengan alkohol dan obat-obatan terlarang. Sejak pengerjaan album ketiga, Josiah memutuskan rehat dan mengambil waktu untuk rehabilitasi demi pemulihan. Posisinya untuk sementara digantikan oleh Matt Gervais.

Meski sempat menolak, atas saran dari manajer dan label rekaman, The Head and the Heart kali pertama bekerja sama dengan penulis lagu di luar band. Untuk album Living Mirage, mereka mengerjakan lagu di Los Angeles bersama penulis lagu Busbee (penulis lagu 5 Seconds of Summer, Rascall Flats), John Hill (penulis lagu Portugal. The Man, Imagine Dragons, Florence and the Machine) dan Nate Cyphert (penulis lagu Florida Georgia Line, Carly Rae Jepsen). 

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Kamis malam pukul 9!