FOTISMINI: The Good, The Bad & The Queen

The Good, the Bad & the Queen adalah supergrup yang beranggotakan musisi, multi instrumentalis berbakat, Damon Albarn (vokal), Paul Simonon (bass), Simon Tong (gitar), dan Tony Allen (drum).

Band ini awalnya diberitakan sebagai proyek solo Damon, namun berkembang menjadi supergrup. Menurut Damon, musik The Good, the Bad & the Queen terinspirasi dari London di masa dulu, masa kini, dan masa depan yang apokaliptik.

The Good, the Bad & the Queen disebut media dan kritikus sebagai gabungan musisi yang unik. Damon, frontman Blur dan memiliki proyek musik diantaranya Gorillaz, Mali Music, Rocket Juice and the Moon dan Dr. Dee. Tony dikenal sebagai drummer, komposer, penulis lagu Nigeria, juga co-founder musik Afrobeat. Paul, adalah seniman dan bassis The Clash. Sementara Simon merupakan produser dan gitaris The Verve.

Album The Good, the Bad & the Queen, diproduseri Danger Mouse, menempati posisi 2 di tangga album Inggris, meski dilakukan dengan sedikit promosi  saja. Album ini memperoleh pujian dari kritikus musik, juga masuk dalam daftar rilisan terbaik sepanjang 2007.

Menariknya, di setiap wawancara tidak satupun personil menamakan diri mereka sebagai The Good, the Bad & the Queen. Nama tersebut mereka anggap sebagai nama album saja. Namun, The Good, the Bad & the Queen tersebut tetap digunakan sebagai identitas secara universal oleh toko rekaman, layanan download musik, promoter konser, situs penggemar, dan media.

Sebelas tahun dari album pertama, The Good, the Bad & the Queen meluncurkan album kedua, Merrie Land pada 16 November 2018 yang diproduseri Tony Visconti. Lagu-lagunya terinspirasi dari situasi Brexit. Menurut Damon, album kedua ini seperti versi soul album Parklife. Sampul albumnya menampilkan aktor Michael Redgrave yang memegang boneka ventriloquis, dari film horor Dead of Night (1945).