FOTISMINI: The Adams

The Adams, dikenal publik lewat penampilan di klub BB’s, album kompilasi JKT:SKRG dan tentu saja 2 lagunya yang jadi soundtrack film “Janji Joni”, yaitu Waiting dan Konservatif.

Sempat  memakai nama Lonely Band, The Adams yang asal Jakarta ini dibentuk pada 2002, beranggotakan para mahasiswa Institut Kesenian Jakarta.  Sekarang beranggotakan Ario Hendarwan (vocal/gitar), Saleh Husein (vocal/gitar), Gigih Suryo Prayogo (vocal/drum), dan Pandu Fathoni (vocal/bass).

Pada 2000-an band-band  lokal semakin populer, kerap diundang pada acara pentas seni sekolah, lagu-lagunya diputar di radio, video musik juga menghiasi layar kaca MTV, sampai mengisi soundtrack film. Inilah saat ketika nama The Adams bersama band lainnya jebolan IKJ seperti Goodnight Electric, The Upstairs dan White Shoes and the Couples Company menjadi sorotan.

Album mereka yang dirilis hingga kini adalah The Adams (2004), V2.05 (2006) dan Agterplaas (2019). Album V2.05 oleh majalah Rolling Stone Indonesia dimasukkan ke dalam daftar Album Terbaik Indonesia Sepanjang Masa.

Lirik lagu The Adams umumnya banyak bercerita tentang hubungan antar manusia di Jakarta. Soal orang-orang yang kalah, patah hati, memendam rindu berkepanjangan, gagal move on, optimis, antusias, hingga pencarian jati diri.

Kesibukan personil yang punya pekerjaan di bidang lain di luar musik membuat rilisan album ketiga tertunda sampai 2019. Padahal  The Adams sudah mulai mengerjakan lagu untuk album ketiga di sela jadwal manggung sekitar 2014-2015. Pada Record Store Day 2018, The Adams akhirnya merilis single “Pelantur”, yang menjadi single pertama di album ketiga. “Pelantur”, bercerita tentang obrolan di warung kopi yang terkadang sampai berujung debat dan adu argumentasi untuk menunjukkan siapa yang paling benar.

Album ketiga yang diberi nama Agterplaas dikemas dalam format box set eksklusif. Isinya terdiri dari CD album, DVD “Masa-Masa: Sebuah Dokumenter Pembuatan Agterplaas”, dan buklet berisi lirik dan ilustrasi. Box set yang harus dipesan itu berfungsi sekaligus sebagai  undangan untuk menghadiri acara peluncuran Agterplaas pada 6 Maret 2019.  Saat itulah single Masa-Masa dirilis dan pendengar diajak untuk mengingat kembali masa-masa remaja yang sering kali membuat rindu.

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Kamis malam pukul 9!