FOTISMINI: Sunflower Bean

Sunflower Bean adalah trio asal New York, Amerika Serikat yang dibentuk Julia Cumming (vokal, bass) Nick Kivlen (vokal, gitar) dan Jacob Faber (drum) pada 2013.

Sunflower Bean disebut “the hardest working band” oleh ohmyrockets.com karena manggung lebih dari 50 kali sepanjang 2014. Penampilan mereka dipuji jurnalis musik Bob Boilen dari NPR, Jon Parales dari The New York Times, sampai Julian Casablancas yang menawarkan mereka untuk bergabung dengan labelnya, Cult Records.

Ketiga personilnya sudah aktif bermusik sebelum bersama di Sunflower Bean. Julia yang besar di dalam keluarga musisi, membentuk The Trachtenburg Family Slideshow Players dan Supercute! yang mampu menggelar tur di Amerika Serikat dan Eropa. Sementara Nick, belajar gitar sejak usia 8 tahun dari drummer band hard core Agnostic Front. Sedangkan Jacob yang menguasai piano dan saksofon, adalah presiden band jazz di sekolahnya. Nick dan Jacob sempat pula membentuk band yang diberi nama Turnip King.

Sunflower Bean telah merilis 2 album, Human Ceremony (2016) dan Twentytwo in Blue (2018), juga 3 EP, Show Me Your Seven Secrets (2015), From the Basement (2016), dan terbaru King of the Dudes (2019).

Soal musisi yang memberi pengaruh, mereka mengaku mengagumi Tame Impala, Beach Fossils, DIIV, Total Slacker, Black Sabbath dan The Velvet Underground.

Album Twentytwo in Blue dirilis saat ketiganya berusia 22 tahun. Album ini diproduseri Jacob Portrait (Unknown Mortal Orchestra) dan Matt Molnar (Friends). Single “I Was A Fool” dari album ini debut dalam acara Songs We Love di NPR Music. Di album Twentytwo in Blue , Sunflower Bean juga mengangkat kondisi politik di Amerika Serikat lewat lagu “Crisis Fest”.

EP King of the Dudes direkam pada musim panas tahun 2018 di Los Angeles. Setelah lebih mengenal musik mereka di album Twentytwo in Blue , mereka menuangkannya di album King of the Dudes, tanpa halangan apapun, diproduseri Justin Raisen (produser Angel Olsen dan Sky Fereirra).

Tahukan Bujang Dare siapakah yang dmaksud dengan King of the Dudes? Itu ternyata adalah julukan Nick dan Jacob untuk Julia!

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Kamis malam pukul 9!