FOTISMINI: Suede

Suede, band asal London, Inggris, dibentuk pada 1989, sekarang beranggotakan Brett Anderson (vokal), Richard Oakes (gitar), Simon Gilbert (drum), Matt Osman (bass), dan Neil Codling (keyboard). Album yang dirilis, Suede (1992), Dog Man Star (1994), Coming Up (1996), Head Music (1999), A New Morning (2002), Bloodsports (2013), Night Thoughts (2016), dan The Blue Hour (2018).

Menjadi sampul majalah musik Melody Maker dan disebut sebagai “The New Best Band in Britain”. Meski belum merilis album dan belum bergabung dengan label rekaman. Suede, disebut publikasi sebagai band yang sangat berpengaruh dalam sejarah musik Inggris. Dari diliput Melody Maker, Suede mendapat kontrak label rekaman, menarik perhatian publik, dan membentuk musik britpop. Menjadi pembuka bagi band seperti Blur, Oasis, sampai Pulp ke arus musik utama Inggris.

5 November 2003, melalui situs band, Suede mengumumkan bahwa tidak akan ada album baru sampai pada waktunya. Penampilan terakhir, pertunjukan 2,5 jam maraton di London Astoria pada 13 Desember 2003. Brett, membentuk The Tears dan merilis 4 album solo. Simon, bergabung dengan band lokal Bangkok, Futon. Richard, membentuk Artmagic bersama Sean McGhee. Matt, menjadi editor majalah email “le cool”.

Suede tampil bersama kembali pada 2010 Teenage Cancer Trust di Royal Albert Hall, meski menyebut penampilan tersebut hanya untuk satu kali saja. Namun, 3 gigs yang Suede lakukan mendapat sambutan hangat dari kritikus dan publikasi musik seperti NME. Dirilislah pada 2013, album Bloodsport yang mendapat pujian positif dari kritikus. Album Bloodsport, kembali diproduseri Ed Buller, produser 3 album pertama Suede. Juga kembalinya Neil Codling yang sempat memutuskan mundur pada 2001.

Album The Blue Hour, dirilis 21 September 2018. Mendapat penilaian positif dari kritikus dan publikasi musik. Dari penjualan, album ini menjadi yang terlaris dari yang pernah dirilis Suede, sejak album Head Music pada 1999. Diproduseri oleh Alan Moulder. Video klip “Life Is Golden” mengambil lokasi syuting di kota hantu Ukrania, Pripyat. Kota hantu karena ditinggal penghuninya akibat bencana nuklir Chernobyl.