FOTISMINI: Stars And Rabbit

Stars and Rabbit, duo asal Yogyakarta, dibentuk Elda Suryani (vokal) dan Adi Widodo (gitar). Bersama sejak 2011, telah merilis 2 album, Constellation (2015) dan Rainbow Aisle (2020), juga album kolaborasi bersama Bottlesmoker, Pieces That Fit (2020). Stars and Rabbit termasuk salah satu band Indonesia yang rajin tampil di luar negeri, diantaranya Singapura, Inggris, Amerika Serikat dan Islandia.

Elda sebelumnya lebih dulu dikenal sebagai vokalis band Evo, yang dibentuk lewat audisi program, Reinkarnasi, di salah satu televisi swasta pada 2006. Sayangnya, band ini tidak bertahan lama setelah merilis satu album, Evolution. Sempat merasa kecewa, Elda memutuskan kembali ke Yogyakarta dan menekuni bidang lain selain musik. Meski tidak lagi menyibukkan diri dengan musik saat itu, Elda punya kebiasaan menulis dan merekam gumaman, senandung yang disimpannya di handphone.

Oleh saran dari rekan bandnya dulu di Evo, Didit Saad, ia harus mencari rekan yang bisa menyelesaikan gumaman, senandung tersebut. Nama Adi Widodo, yang juga gitaris, langsung diajak Elda untuk membentuk band. Membuat demo dan merilis single “Worth It” pada 2011, dalam 4 tahun mereka disibukkan dengan tampil di acara-acara musik di Yogyakarta, sampai-sampai penonton sudah hapal dengan lagu-lagu mereka, meski belum ada album saat itu. Akhirnya di 2015, Stars and Rabbit pun merilis album Constellation.

Kebersamaan Elda dan Adi di Stars and Rabbit sayangnya harus berakhir. Adi memutuskan mundur dari band untuk fokus di industri periklanan. Stars and Rabbit tetap lanjut dengan menghadirkan Didit Saad sebagai rekan baru Elda, yang sudah dikenalnya sejak di band Evo dan juga banyak membantu dalam album Constellation.

Album Rainbow Aisle, rilis pada 26 Februari 2020, dikerjakan cukup singkat, tiga bulan dari penulisan lagu hingga rekaman yang dilakukan di Jakarta dan Amsterdam. Didit Saad juga berperan sebagai produser dan mixing engineer. Single pertama “Little Mischievous”, bercerita tentang proses bersenang-senang tanpa beban. Saat rutinitas yang buat jenuh, terkadang muncul ide-ide gila yang justru membuat lebih hidup.

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Senin malam pukul 10!