FOTISMINI: Sigrid

Bernama lengkap Sigrid Solbakk Raabe, Sigrid adalah penyanyi dan penulis lagu asal Ålesund, Norwegia. Populer lewat single “Don’t Kill My Vibe” pada 2017, debut singlenya bersama label Island Records.

Lagu ini ditulisnya bersama Martin Sjølie, dan sudah di-streaming sampai lebih dari 40 juta kali di Spotify. “Don’t Kill My Vibe” berasal dari pengalamannya saat bekerja sama dengan produser yang bersikap kasar padanya. Meski diakuinya buruk, namun dia lega dapat menyalurkan emosinya dengan lagu.

Pengalaman perdana Sigrid tampil di atas panggung adalah saat berusia 16 tahun di festival musik lokal di Ålesund bersama abangnya, Tellef Raabe, yang juga musisi. Tellef mengajak Sigrid dengan memintanya membawakan lagu sendiri. Lagu pertama yang ditulisnya berjudul Sun. Sigrid menjadi featured artist pada dua lagu di album Tellef, Idiographic (2017).

Sigrid dipilih sebagai pemenang BBC Sound of 2018 oleh 170 orang dari kalangan musisi, kritikus, jurnalis, media, pemenang dan nominasi BBC Sound of … sebelumnya. Nominasi pesaingnya antara lain Billie Eilish, Khalid, Rex Orange County, Pale Waves, dan Superorganism.

Sigrid dipercaya untuk membawakan ulang lagu Leonard Cohen, Everybody Knows, sebagai soundtrack film Justice League. Sigrid mengaku sangat terhormat bisa membawakan lagu tersebut.

Hingg kini Sigrid telah merilis EP Don’t Kill My Vibe (2017) dan EP Raw (2018), sementara album perdana Sucker Punch akan rilis pada 1 Maret 2019.

Single Sucker Punch, ditulis Sigrid bersama Emily Warren dan Martin Sjølie di Ålesund, Norwegia. Rekamannya terlaksana di Ocean Sound Recordings, studio yang sama yang pernah digunakan Arcade Fire, Sampha, dan A-Ha untuk rekaman.