FOTISMINI: Sharon Van Etten

Sharon Van Etten, penyanyi, penulis lagu, gitaris, dan aktris asal New Jersey, Amerika Serikat. Pada kurun waktu 2005-2008, ia merilis sendiri album yang dikemasnya dan dilengkapi dengan catatan personal untuk pendengar. Album yang dirilis berikutnya adalah Because I Was in Love (2009), Epic (2010), Tramp (2012), dan Are We There (2014).

Meski sudah aktif sejak 2005, namun nama Sharon mulai dikenal luas setelah lagu “Love More” dari album Epic dibawakan ulang oleh Justin Vernon dan Aaron Dessner saat tampil di sebuah festival pada 2010. Aaron kemudian saling kontak email dengan Sharon, sampai menawarkan diri untuk menjadi produser di album Sharon berikutnya. Yaitu, Tramp yang dikerjakan Sharon bersama Zach Condon (Beirut), Jenn Wasner (Wye Oak), Julianna Barwick, Matt Barrick (The Walkmen), Thomas Bartlett, and Aaron Dessner.

Mengisi soundtrack seri Boardwalk Empire yang ditangani Stewart Lerman, membuat Sharon kembali bekerja sama dengan Stewart untuk album Are We There. Ia mendapat pujian positif dari kritikus dan masuk album tersebut masuk ke dalam daftar rilisan terbaik sepanjang 2014 versi Rolling Stone, NME, dan The Huffington Post.

Setelah album Are We There, Sharon punya kesibukan lain di luar musik. Di antaranya terlibat dalam skoring film Strange Weather yang ditayangkan pada Toronto International Film Festival, memulai debutnya sebagai aktor pada drama seri The OA di Netflix, juga melanjutkan studi psikologi untuk menjadi terapis.

Meski mengawali karir dengan lagu balada akustik, Sharon mengaku jenuh dengan musik seperti itu. Ia mencoba yang baru lewat single “Comeback Kid”. Diproduseri John Congleton (produser St. Vincent), single pertama dari album Remind Me Tomorrow akan rilis pada 18 Januari 2019. “Comeback Kid” bercerita tentang pengalaman Sharon saat mengalami krisis di usia 20an dan menjadikan keluarga sebagai tempat untuk kembali.