FOTISMINI: SCALLER

SCALLER, duo asal Jakarta yang dibentuk oleh Margareth Stella (vokal, synthesizer) dan Reney Karamoy (gitar, vokal). Telah merilis EP 1991 (2013) dan album Senses (2017). Meski sempat mengalami pengalaman diabaikan di awal perjalanan sebagai band, lewat satu single, SCALLER mendapat kesempatan tampil di We The Fest pada 2015, Localfest dan Soundrenaline pada 2016. Single tersebut berjudul “The Youth”.

SCALLER merupakan akronim dari Simply Called Reverse. Sebelumnya, Stella dan Reney sudah saling kenal sejak bergabung di grup vokal semasa SMA, kemudian dirasa memiliki kesamaan selera musik, dibentuklah SCALLER pada 2012. Saat itu, mereka masih manggung membawakan lagu dari artis lain, tapi kemudian ini berujung pada kejenuhan. Mereka menganggap ini justru membuat mereka merasa tidak percaya diri dan kurang terlatih. Mulai mengerjakan materi lagu sendiri dalam EP 1991 (2013).

Album Senses, dirilis Januari 2017, dalam pengerjaannya didukung 3 drummer, Dhani Siahaan, Usman Pranoto dan Enrico Steviano. Gerard Rumintjap dipercaya untuk mengerjakan engineering serta mixing. Ada Brian Lucey, peraih 8 Grammy Awards untuk mengerjakan mastering album di Magic Garden Mastering Los Angeles. Perilisan album dilanjutkan dengan konser yang diberi judul Spirit of the Thing pada 23 Februari 2017.

Single “North Star” dirilis pada 2019 sebagai pembuka menuju album kedua, ditulis ketika mereka mengisolasikan diri di Ubud, Bali selama setahun pada 2018. Liriknya bercerita tentang penemuan kembalinya sebuah tujuan, kritik terhadap diri sendiri dan pengejaran karya kehidupan yang menuju ke sebuah titik cerah.

Tepat hari pertama di 2020, SCALLER merilis single “The Unknown”, dirilis dan diproduksi sendiri oleh SCALLER dibantu engineer Gerard Rumintjap di proses recording, mixing dan mastering. SCALLER bekerja sama dengan Elysa Munster dan Gregorio Ridzky dari Realisa Studio dalam pengerjaan visual artwork single dan video lirik. The Unknown” tercipta dari perjalanan self-rediscovering SCALLER pada tahun 2018.

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Senin malam pukul 10!