FOTISMINI: Rendy Pandugo

Rendy Pandugo adalah penyanyi, penulis lagu dan gitaris kelahiran Medan, Sumatera Utara. Ia mulai dikenal lewat single perdana “I Don’t Care” dan “Sebuah Kisah Klasik” yang merupakan lagu daur ulang dari Sheila on 7 untuk kompilasi Y2Koustic (2016).

Rendy sebelumnya pernah membentuk duo “Dida” bersama bassis Iddo Pradananto. Mereka merilis album berjudul Duography (2011), namun sayang duo tersebut memutuskan untuk berakhir.

Rendy Pandugo memilih Soundcloud sebagai media publikasi nyanyiannya. Rendy kerap membawakan ulang lagu dari Louis Armstrong, Stevie Wonder, Ed Sheeran, Sondre Lerche, Mumford & Sons, Kodaline sampai John Mayer. Lewat Soundcloud inilah Rendy mendapat tawaran bernyanyi di kafe sampai akhirnya memperoleh kontrak label rekaman dari Sony Music Indonesia.

The Journey, album perdana Rendy dirilis pada 11 Agustus 2017. Bukan cuma di Indonesia, melainkan sekaligus di Malaysia, Singapura dan Filipina. Pengerjaan albumnya dilakukan di The Kennel Studio, Stockholm, Swedia. The Journey berisikan rangkuman perjalanan hidup Rendy selama 2010-2015.

Rendy ikut terlibat mengisi soundtrack film Galih dan Ratna dan film Susah Sinyal. Rendy juga pernah berkolaborasi dengan Piyu, Dimas Pradipta, Afgan sampai Isyana Sarasvati.

Kolaborasinya bersama Afgan dan Isyana berhasil memenangkan Anugerah Musik Indonesia kategori Karya Produksi Urban Terbaik Tahun 2018.

Underwater, single terbaru Rendy ditulisnya bersama Sebastian Lundberg, John Gustafon, dan Fredrik Haggstam. ‘Underwater’ bercerita tentang orang yang merasa dikhianati dan dibohongi oleh pasangannya. 

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Kamis malam pukul 9!