FOTISMINI: RAN

Rayi Putra Raharjo atau Rayi, Astono Handoko atau Asta dan Anindyo Baskoro atau Nino, membentuk RAN, grup asal Jakarta yang dibentuk pada 2006. Awalnya dibentuk untuk mengikuti Indonesia Song Festival pada 2006 yang digelar JakTV. Saat itu mereka membawakan lagu berjudul “Pandangan Pertama”. Meski tidak membawa pulang juara pertama, kompetisi ini mengantarkan mereka berkenalan dengan produser Dandy Soedjono yang mengantarkan mereka bergabung dengan label Universal Music Indonesia.

Sampai kini, RAN sudah merilis lima album, RAN for Your Life (2007), Friday (2009), HOP3 (2011), Hari Baru (2013) dan RAN (2016). Penghargaan yang diraih RAN diantaranya, Rolling Stone Indonesia’s Editors Choice Awards 2009 dan 2014 sebagai Rookie of the Year dan Hits of the Year. Kemudian Anugerah Musik Indonesia 2010 dan 2017 untuk kategori Karya Produksi R&B Terbaik dan Album Pop Terbaik.

Meski membawakan lagu sebagian besar bertema cinta, tapi RAN enggan membawakan lagu yang mendayu-dayu. Justru sengaja menyanyikan lagu dengan pesan positif, ceria dan bahagia. Sama seperti penampilan mereka yang menyenangkan. Kunci bertahan di usia ketigabelas adalah komunikasi dan kompromi.

Tiap personil RAN memiliki kesibukan sendiri-sendiri. Rayi, misalnya pernah merilis album The Introduction (2017), juga berkolaborasi diantaranya dengan Ramengvrl, Dmust Akira, Tuantigabelas, SIVIA, Isyana Sarasvati dan Marion Jola. Sementara Asta, si gitaris unjuk kemampuan sebagai produser diantaranya Uap Widya, Yura Yunita, Raisa sampai Armand Maulana. Nino punya kesibukan sebagai solois, penyiar radio, penulis lagu dan produser. Nino bersama Lale dan Ilman, telah bekerjasama dengan Armand Maulana, Rezky Febian, Vidi Aldiano dan Bunga Citra Lestari.

Mengaku ingin mencoba metode baru, RAN merilis proyek musik yang diberi judul “Omne Trium Perfectum”. Tiap personel RAN akan mengeluarkan lagu yang diciptakan dan diproduseri masing-masing. Pada single “Ain’t Giving Up”, menghadirkan rapper Ramengvrl, yang dianggap bisa merepresentasikan lagu dan cocok dengan kepribadiannya yang semangat dan bodo amat dengan omongan orang. Gimana menurut Bujang Dare?

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Senin malam pukul 10!