FOTISMINI: Pi Ja Ma

Seniman visual dan penyanyi asal Avignon, Prancis, Pauline de Tarragon membentuk Pi Ja Ma bersama multi instrumentalis, penulis lagu, Axel Cancaton, pada 2015. Mereka merilis EP Radio Girl pada 2016 lewat label rekaman indipenden Bleepmachine. Album perdana dirilis pada 18 Januari 2019 lewat label rekaman besar Prancis, Wagram Music/Cinq 7.

Pauline, lebih dulu dikenal sebagai finalis termuda ajang berbakat di Prancis, La Nouvelle Star. Alih-alih meneruskan karirnya, ia justru berhenti, karena menganggap penampilannya tidak menunjukkan siapa dirinya. Pauline memilih fokus ke seni dengan mengambil studi di sekolah seni bergengsi Prancis. Ia bahkan telah menerbitkan buku ilustrasi yang berjudul Le Cri de Zabou.

Video Pauline yang menyanyikan ulang lagu “Femme Fatale” dari The Velvet Underground and Nico, secara tidak sengaja ditonton oleh Axel Cancato. Axel pernah membentuk band Axel and the Farmers, My Bee’s Garden, 99 Trees dan mantan personil Melody’s Echo Chamber. Axel mengirim email ke Pauline untuk mengajaknya bekerja sama dan ternyata merasakan kecocokan, maka dibentuklah Pi Ja Ma pada 2015.

Pauline dan Axel memiliki ketertarikan dengan musik era 1960-an. Mereka menganggap musik, penampilan dan melodinya lebih original. Mereka memfavoritkan musisi seperti The Velvet Underground, Jefferson Airplane, The Beach Boys dan Françoise Hardy. Juga menyebut Broadcast, Stereolab, Mazzy Star, Cat Power sebagai musisi yang memberi mereka pengaruh.

Album Nice To Meet You dikerjakan di London, Rouen dan Paris, diproduseri Axel. Musik Pi Ja Ma menurut Pauline dan Axel digambarkan sebagai anak-anak yang mengilustrasikan masalah orang dewasa dan memberikan pemahaman baru atas masalah tersebut.

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Kamis malam pukul 9!