FOTISMINI: Pet Shop Boys

Syth-pop asal London, Inggris, dibentuk pada 1981, beranggotakan Neil Tennant (vokal, synthesizers, gitar) dan Chris Lowe (keyboard, synthesizers). Telah merilis 13 album, 3 live album, 8 album kompilasi, 4 album remix, 3 album soundtrack, 2 EP dengan 55 single. Empat diantaranya menjadi lagu nomor satu di Inggris, seperti “West End Girls”, “It’s A Sin”, “Always on My Mind” dan “Heart”. Disebut oleh The Guinness Book of Records pada daftar duo tersukses dalam sejarah musik UK.

Sebelum di Pet Shop Boys, Chris adalah arsitek dan bekerja di kompleks industri seperti Milton Keynes. Sedangkan Neil, berprofesi sebagai jurnalis musik dan menjabat sebagai editor deputi Smash Hits. Disinilah Neil banyak mewawancarai musisi besar dan berkenalan dengan produser musik, yang kemudian membuka jalannya beralih profesi menjadi musisi. Nama Pet Shop Boys diambil dari teman Neil dan Chris yang memiliki salon khusus binatang peliharaan, dan digelar Pet Shop Boys.

Dari sejak pertama merilis album pada 1985, Pet Shop Boys dikenal lewat kolaborasinya bersama musisi terkenal seperti Dusty Springfield, David Bowie, Lady Gaga, Blur, Brandon Flowers. Pada 2003, dalam buku Billboard’s Hot Dance/Disco 1974–2003 sebagai musisi tersukses di tangga lagu Dance/Club Play, setelah Donna Summer, Janet Jackson dan Madonna.

Penghargaan yang didapat Pet Shop Boys, 3 Brit Awards, kategori Best British Group, Best British Single, dan Outstanding Contribution to Music. Kemudian 2 Ivor Novello Awards kategori International Hit of the Year dan Outstanding Contribution of British Music. Juga penghargaan dari publikasi musik seperti Q dan NME.

Dreamland, menghadirkan Years & Years, dirilis sebagai single pertama untuk album keempat belas, yang akan dirilis pada 24 Januari 2020. Menjadi bagian akhir dari trilogi album yang diproduseri Stuart Price. Sebelum rilis album keempatbelas, Pet Shop Boys merilis single Dreamland dalam rilisan fisik, digital dan vinyl pada 25 Oktober. Berisikan dua lagu baru, An Open Mind dan No Boundaries, juga remix dari Pet Shop Boys, TWD dan Jacques Renault.

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Senin malam pukul 10!