FOTISMINI: Pearl Jam

Band asal Seattle, Amerika Serikat ini dibentuk pada 1990, sekarang beranggotakan Eddie Vedder (vokal, gitar), Mike McCready (gitar), Stone Gossard (gitar), Jeff Lament (bass) dan Matt Cameron (drum). Pearl Jam, bersama band sesama Seattle lainnya seperti Nirvana, Soundgarden, Alice in Chains, muncul di waktu yang berdekatan, di masa musik grunge sedang ramai didengarkan. Termasuk salah satu band yang paling berpengaruh di dekade 1990an.

Cikal bakal Pearl Jam dari band Mother Love Bone, yang dibentuk Jeff dan Stone. Setelah vokalis band tewas overdosis, Jeff dan Stone tetap melanjutkan band dengan mencari personil baru, yaitu Mike sebagai gitaris dan Eddie sebagai vokalis. Posisi drummer pernah ditawarkan ke Jack Irons, kemudian diisi Dave Krusen, Matt Chamberlain, Dave Abbruzzese sampai Matt Cameron resmi bergabung di 1998. Sebelum Pearl Jam, mereka memakai “Mookie Blaylock” sebagai nama band, dari pebasket New Jersey Nets All Star.

Terlepas dari sudah merilis 10 album, telah menjual lebih dari 85 juta copy album, masuk Rock and Roll Hall of Fame pada 2017, Pearl Jam termasuk band yang tidak mengikuti pola industri musik populer. Seperti tidak banyak merilis single, video kilp bahkan wawancara. Menurut mereka, konsep video klip mengganggu bahkan mengubah interpretasi pendengar terhadap lagu.

Gigaton, album terbaru kesebelas dari Pearl Jam, diproduseri Josh Evans. Album ini menerima pujian positif dari kritikus dan publikasi musik seperti The AV Club, Rolling Stone, Consequence of Sound, Mojo dan Spin. Albumnya rilis pada 27 Maret 2020.

Pearl Jam punya cara unik dalam mempromosikan albumnya. Seperti mengajak pendengar, penggemar mengakses moon.pearljam.com kemudian mengarahkan ponsel ke bulan dan bisa mendengar sekilas single “Superblood Wolfmoon”. Selain itu menghadirkan The Gigaton Listening Experience di 200 teater mulai 25 Maret 2020. Pengunjung akan mendapat kesempatan mendengarkan keseluruhan album dengan sound system yang mumpuni, meski kemudian harus ditunda untuk antisipasi penyebaran virus Covid-19. Namun, Pearl Jam punya cara lain, mereka menyajikan layanan telepon kepada penggemar yang ingin mendapatkan kilasan penuh album Gigaton.

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Senin malam pukul 10!