FOTISMINI: NIKI

NIKI atau lengkapnya Nicole Zefanya adalah penyanyi, penulis lagu dan produser asal Jakarta, Indonesia. NIKI memenangkan kontes Ride to Fame dan berkesempatan tampil menjadi salah satu artis pembuka konser Taylor Swift di Jakarta tahun 2014.

Sebelum memakai nama NIKI, ia merilis 3 lagu sebagai Nicole Zefanya, yaitu Awali Hari Dengan Cinta, Anaheim dan Polaroid Boy. Saat itu, NIKI lebih banyak menyanyikan ulang lagu pop secara akustik.

NIKI menguasai alat musik seperti piano dan gitar, mulai belajar menulis lagu sendiri saat berusia 13 tahun. Ia mengasah kemampuan bernyanyi dan menjadi produser lewat akun Youtube dengan nama Myrtle Lily. Aplikasi seperti GarageLab, ProTools dan Logic Pro banyak membantunya untuk menyanyikan ulang lagu dari musisi favoritnya, seperti James Bay, Ariana Grande, Ed Sheera, Jack Johnson sampai Taylor Swift.

Persahabatannya dengan Rich Brian dimulai ketika Rich Brian mengirim pesan lewat media sosial untuk bilang bahwa ia mengagumi vokal NIKI. Saat NIKI berpisah dengan sang kekasih dan meluapkan perasaannya lewat lagu,  ia kirimka ke Rich Brian yang kemudian menawarkan diri menjadi produser. Lagu inilah yang mengantarkan NIKI bergabung dengan 88rising, perusahaan media dan label rekaman asal New York. Lagu tersebut berjudul “See U Never”.

Sedari kecil sering menyimak seri drama Amerika dan akrab berbicara dalam Bahasa Inggris. Ditambah dengan bersekolah di sekolah internasional di Jakarta yang membuat kemampuannya berbahasa Inggris semakin terasah. Ibunya adalah penyanyi gereja yang sering mengajaknya berlatih. Dari Ibunya jugalah NIKI mendengarkan lagu dari Aaliyah, Boyz II Men, Mariah Carey, Alicia Keys dan Destiny’s Child.

NIKI merilis EP Zephyr (2018) dan wanna take this downtown? (2019). Ia juga berkolaborasi dengan Rich Brian pada album Amen (2018), dengan Higher Brothers pada album Five Stars (2019) dan di album kompilasi yang dirilis 88rising, Head in the Clouds (2018). Lewat karyanya, NIKI ingin mengajak remaja dan anak muda dari Asia khususnya, untuk berani dan percaya diri berkarir di bidang kreatif.

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Kamis malam pukul 9!