FOTISMINI: Monkey To Millionaire

Monkey to Millionaire adalah band asal Jakarta yang dibentuk pada 2004. Sekarang beranggotakan Wisnu Aji (vokal, gitar) dan Aghan Sudrajat (vokal, bass).

Monkey To Millionaire mulai dikenal publik sejak menjadi finalis kompetisi LA Light Indiefest tahun 2007. Single “Rules and Policy” dimasukkan dalam kompilasi LA Light Indiefest Volume 2. Single tersebut juga ada pada EP Monkey To Millionaire (2006).

Hingga kini Monkey to Millionaire sudah merilis album Lantai Merah (2009), Inertia (2013), Tanpa Koma (2017) dan Bipolar (2019), juga EP Strange Is The Song of Our Conversation (2010).

Monkey to Millionaire mendapat saran dari Sinjitos Records agar menulis lagu dalam Bahasa Indonesia. Ini sempat membuat mereka merasa canggung. Saat itu, mereka pesimis dengan lagu-lagu dari band atau artis yang menggunakan bahasa Indonesia kecuali Naif dan Efek Rumah Kaca. Wisnu, sebagai penulis lagu menjadikan Cholil Mahmud dari Efek Rumah Kaca sebagai pendorongnya untuk bisa menulis lagu dalam Bahasa Indonesia.

Monkey to Millionaire memenangkan piala Gold Ward VIMA Asia 2014 untuk kategori Best Rock Song lewat lagu “M.A.N”. VIMA Asia merupakan salah satu penghargaan di industri musik independen di Asia. 

Tahukah Bujang Dare, sebelumnya mereka sempat memakai nama Lucca dengan anggota tiga orang, bersama Emir di drummer. Selepas album Lantai Merah, Monkey to Millionaire tidak lagi diperkuat Emir. Posisinya digantikan M. Rama Adibrata, sebagai additional drummer sejak 2012.

Album Bipolar mengambil tema tujuh dosa mematikan: greed, gluttony, lust, envy, sloth, wrath, dan pride. Lagu yang dibuat merupakan cerita dari dosa-dosa pokok penyebab dan kebiasaan buruk.  Bipolar dirilis pada 15 Januari 2019 dari Binatang Records.

Lagu ‘Ego’ bercerita tentang bagaimana seseorang senang berlomba memamerkan ego masing-masing. Seseorang yang terlihat baik namun ujung-ujungnya semua dilakukan hanya semata-mata untuk kepentingan pribadinya.

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Kamis malam pukul 9!