FOTISMINI: Mark Ronson

Mark Daniel Ronson adalah  musisi, DJ dan produser rekaman asal Inggris, yang mengawali karirnya sebagai DJ di New York, Amerika Serikat. Berasal dari keluarga berada yang membuatnya banyak mengenal selebriti papan atas, Mark kerap diundang sebagai DJ untuk pesta dan acara privat mereka.

Hingga kini Mark telah merilis 4 album, Here Comes the Fuzz (2003), Version (2007), Record Collection (2010) dan Uptown Special (2015).

Karir Mark sebagai produser kian terkenal setelah memproduseri album Back to Black dari Amy Winehouse. Sebelumnya, Amy mengisi vokal pada lagu “Valerie” di album Version, lagu yang aslinya dinyanyikan The Zutons. Mark memproduseri album lintas genre dan lintas generasi, di antaranya Adele, Lily Allen, Lady Gaga, Bruno Mars, Lil Wayne, Wale, Queens of the Stone Age, Duran Duran dan Paul McCartney.

Di luar dunia musik, Mark aktif di kegiatan sosial. Seperti menjadi donatur pada Amy Winehouse Foundation, yayasan yang membantu anak-anak muda melalui musik. Mark juga ikut kampanye End the Silence untuk pengumpulan dana bagi Hope and Homes for Children. Tak hanya membantu secara finansial, Mark pun menjadi mentor pada Turnarounds Art, bagian dari program John F. Kennedy for the Performing Arts, yang membantu sekolah melalui pendidikan seni.

Kamu tentu ingat dengan “Uptown Funk” yang Mark bawakan bersama Bruno Mars, rilis pada 2014. Dari penjualan, lagu tersebut menerima status “diamonds” karena terjual lebih dari 10 juta copy. “Uptown Funk” memenangkan 2 Grammy Awards dan menjadi nomor satu di Billboard Hot 100 selama 14 pekan. “Uptown Funk” dipengaruhi musik populer dari tahun 1980an, khususnya “sound Minneapolis” yang dipopulerkan mendiang Prince.

“Nothing Breaks Like a Heart”, adalah single utama dari album Late Night Feeling, yang menghadirkan Miley Cyrus sebagai featured artist. Mark tertarik bekerja sama dengan Miley, setelah menyaksikannya menyanyikan “50 Ways to Leave Your Lover” dari Paul Simon di acara Saturday Night Live tahun 2015.

Album barunya yang Mark sebut sebagai “sad banger” akan menghadirkan Romy Madley Croft dari The xx, Yeba dan King Princess. Nantikan!

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Kamis malam pukul 9!