FOTISMINI: Lizzo

Melissa Jefferson atau kita kenal dengan nama Lizzo, adalah penyanyi, penulis lagu, pemain flute asal Minnesota, Amerika Serikat.

Lizzo aktif nge-rap sejak remaja dan membentuk grup bersama temannya. Seperti The Chalice, Grrrl Party, The Clerb, Ellypseas dan Absynthe. Bersama The Chalice sempat merilis album yang sukses diterima publik Minnesota.

Lewat label indipenden Totally Gross National Product, Lizzo merilis album perdana Lizzobangerz (2013). Album ini kerjakan bersama produser Lazerbeak dan Ryan Olson dengan uang yang minim untuk rekaman. Tak disangka ternyata album ini juga dirilis label Virgin Records untuk cakupan yang lebih luas, diliput New York Times, Teen Vogue. Tak hanya itu, ia bahkan memenangkan Picked to Click Award kategori Best New Artist oleh publikasi Minnesota dan disebut majalah Time sebagai “14 Musical Acts to Watch in 2014”.

Tahun 2015, Lizzo merilis Big Girl Small World yang diproduseri BJ Orton. Big Girl Small World atau disingkat BGSW juga merupakan label rekaman Lizzo. Dilanjutkan dengan peluncuran EP Coconut Oil (2016), yang diproduseri Ricky Reed (produser Kesha, Fifth Harmony, Pitbull).

Kesempatan lain pun berdatangan untuknya. Antara lain mengikuti tur bersama Haim dan Florence + The Machine, menjadi pembawa acara program musiman MTV Wonderland, berkolaborasi dengan Prince and 3rdeyegirl dan Clean Bandit.

Lirik lagu  yang ditulis Lizzo banyak membahas tema perjalanan seseorang terhadap penerimaan diri dari bentuk tubuh (body positivity) juga mencintai dan menghargai diri sendiri (self love). Tema tersebut sangat berhubungan dengan dirinya yang lahir dengan kulit berwarna, bertubuh besar dan seorang wanita, kondisi-kondisi yang masih menjadi tantangan untuk bisa diakui di industri musik.

Cuz I Love You menjadi album ketiga yang akan dirilis Lizzo pada 19 April 2019. Album ini adalah debutnya bersama label besar, Atlantic Records. Lizzo menyebut bahwa ia berkolaborasi bersama idolanya, Missy Elliot pada lagu “Tempo”.

“Juice” menjadi single pertama yang dirilis awal tahun 2019, yang referensi video klipnya seputar budaya pop 1980an. Liriknya membahas self love dan pantas disebut sebagai self anthem, karena mendengarkannya membuat rasa percaya diri meningkat, hati senang dan jadi ingin menari. Bujang Dare setuju?

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Kamis malam pukul 9!