FOTISMINI: Liz Phair

Elizabeth Clark Phair, penyanyi dan penulis lagu kelahiran Connecticut, AS, 52 tahun yang lalu. Liz Phair, menjadi salah satu penyanyi rock alternatif wanita yang populer di dekade 1990-an. Oleh publikasi seperti Rolling Stone bahkan menyebutnya sebagai “A Rock & Roll Star”. Liz juga dikenal berani lewat lirik lagunya yang eksplisit.

Berkat bujukan temannya, Chris Brokaw, Liz menulis dan merekam sendiri empat lagu dengan nama Girly Sound. Lagu-lagu tersebut diulas media lokal dan membuatnya mendapat kontrak dengan label Matador Records. Liz telah merilis enam album studio, Exille in Guyville (1993), Whip-Smart (1994), Whitechocolatespaceegg (1998), Liz Phair (2003), Somebody’s Miracle (2005) dan Funstyle (2010).

Tahukah Bujang Dare, Liz sempat menjadi komposer dan produser musik untuk seri televisi populer pada 2008-2009, seperti 90210, The 100, Swington dan Super Fun Night. Kesibukan lainnya adalah penulis buku, ya pada 2019 ia bekerja sama dengan penerbit Random House dan menerbitkan 2 buku, satu yang baru dirilis adalah Horror Stories, a Memoir.

Liz mulai kembali aktif pada 2017, seperti ikut tur bersama band The Smashing Pumpkins pada 2017 dan mengerjakan double album bersama Ryan Adams, meski rilisan ini tertunda. Pada 2018, oleh label pertamanya, Matador Records, merilis box set album dengan judul Girly-Sound to Guyville, yang menghadirkan empat lagunya dulu saat sebagai Girly Sound.

Tahun 2020, Liz disibukkan dengan tur Alanis Morrisette bersama Garbage. Ia juga siap merilis album ketujuh yang disebutnya sebagai momen nostalgia, karena Liz kembali bekerja sama dengan produser Brad Wood dan Casey Rich. Brad adalah produser tiga album pertama Liz dan. “Good Side” dirilis sebagai single pertama album ketujuhnya. Lagu ini bercerita tentang seseorang yang meninggalkan kesan baik, positif, dalam hubungan meski sudah tidak lagi bersama.  

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Senin malam pukul 10!