FOTISMINI: Lewis Capaldi

Lewis Capaldi adalah penyanyi dan penulis lagu asal Skotlandia. Saat ini ia telah merilis 2 EP, Bloom (2017) dan Breach (2018), juga satu album yang diberi titel Divinely Uninspired To A Hellish Extent.

Lagu pertamanya yang dirilis ke publik, “Bruises”, di-streaming lebih dari 28 juta kali di Spotify pada 2017, yang membuatnya menjadi artis tanpa label rekaman yang lagunya telah di-streaming melewati 25 juta kali di Spotify.

Lewis belajar memainkan alat musik piano dan gitar sejak usia 2 tahun, kemudian tampil di pub lokal sejak usia 9 tahun. Lewis merekam lagu-lagu menggunakan ponsel lalu ia unggah ke Soundcloud. Karya-karyanya menarik minat Ryan Walter yang kemudia menjadi manajernya.

Sejak “Someone You Loved” dirilis November 2018, Lewis berhasil meraih posisi pertama di tangga lagu UK  selama 7 pekan. Lagu ini ia tulis bersama produser Malay (pernah bekerja sama dengan Frank Ocean dan John Legend). “Someone You Loved” menjadi single terlaris sepanjang 2019 di UK, dengan total penjualan mencapai 1.34 juta dan 154,4 juta kali streaming.

Berkat popularitasnya, bahkan sebelum albumnya dirilis, tiket pertunjukan arena untuk tahun 2020 sudah laris terjual di UK dan Irlandia. Album Divinely Uninspired to a Hellish Extent baru dirilis pada 17 Mei lalu dan langsung menjadi album nomor satu di UK dan Irlandia, mendapat sertifikat emas di pekan pertama. Perolehan ini menjadikan album tersebut sebagai  album debut terlaris artis asal Inggris dalam 8 tahun terakhir.

Single ketiga “Hold Me While You Wait” juga berhasil masuk Top 5 tangga lagu UK dan Irlandia. Hal ini membuat Lewis menjadi artis kedua setelah Ed Sheeran yang kedua lagunya masuk Top 5 tangga lagu UK.

“Hold Me While You Wait” bercerita tentang ketidakyakinan dalam suatu hubungan, saat salah satu pihak merasa tidak yakin apa yang sebenarnya ia inginkan.

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Senin malam pukul 10!