FOTISMINI: Lana Del Rey

Elizabeth Woolridge Grant, lebih dikenal dengan nama panggungnyaa Lana Del Rey, adalah penyanyi, penulis lagu, dan produser asal Los Angeles, Amerika Serikat. Namanya viral berkat “Video Games” dan “Blue Jeans”, yang diunggahnya di YouTube pada 2011, yang juga menjadi bagian dari album Born to Die. Album tersebut diproduseri Patrik Berger, Jeff Bhasker, Chris Braide, Emile Haynie, Justin Parker, Rick Nowels, Robopop dan Al Shux. Born to Die debut di posisi 2 tangga album Billboard Hot 200, masuk daftar album terlaris kelima sepanjang 2012, menjadi album nomor satu di 11 tangga album internasional.

Sebelum memakai nama Lana Del Rey, ia pernah memakai nama Sparkle Jump Rope Queen, Lizzy Grant and the Phenomena, Lizzy Grant, May Jailer. “Lana Del Rey” diambil dari aktris Lana Turner dan mobil sedan klasik Ford Del Rey. Sepanjang karirbya sudah ada 5 album yang sudah dirilis, Lana Del Ray (2010), Born to Die (2012), Ultraviolence ( (2014), Honeymoon (2015), dan Lust for Life (2017).

Selain mengisi soundtrack film, seperti The Great Gatsby, Maleficent, dan Big Eyes. Lana juga pernah bermain seni peran. Ia membintangi film musikal Tropico (2013), juga beberaoa film pendek untuk mendukung rilisan album, Ride (2012), National Anthem (2012), dan Freak (2015), yang kesemuanya ia tulis sendiri.

Urusan penghargaan, Lana telah memenangkan MTV Europe Music Award untuk kategori Best Alternative, 2 BRIT Awards, untuk kategori International Breakthrough Act dan International Female Solo Artist. Ia memang belum pernah menang di Grammy Award, namun setidaknya sempat dinominasikan dalam kategori Best Pop Vocal Album (untuk album Paradise), Best Song Written for Visual Media (untuk lagu Young and Beautiful), dan Best Pop Vocal Album (untuk album Lust for Life).

Bari-baru ini ada dua single yang ia rilis berdekatan, persisnya pada 12 dan 18 September 2018, yakni Mariners Apartment Complex dan Venice Bitch. Keduanya diambil dari album keenam, Norman Fucking Rockwell yang dirilis pada awal 2019. Album tersebut diproduseri Jack Antonoff (produser Lorde, St. Vincent).