FOTISMINI: Lady Gaga

Bernama lengkap Stefani Joanne Angelina Germanotta, yang kemudian dikenal luas dengan nama Lady Gaga. Telah merilis lima album, The Fame (2008), Born This Way (2011), Artpop (2013), Cheek to Cheek (2014), album soundtrack A Star Is Born (2018). Pengaruhnya yang luas tidak hanya di musik, fashion, sampai aktif di kegiatan sosial membuatnya dinobatkan sebagai salah satu orang paling berpengaruh versi Majalah Time pada 2011.

Sebelum sepopuler seperti sekarang, Lady Gaga mengalami masa sulit di awal karirnya. Pernah diputus kontrak oleh label rekaman, beberapa kali menemui produser rekaman, kemudian menulis lagu bukan untuk dirinya tapi untuk dinyanyikan artis lain seperti Britney Spears, Fergie, New Kids on the Block, sampai The Pussycat Dolls. Bahkan saat akan merilis single pertamanya, sempat disebut oleh stasiun radio bahwa lagunya tidak cocok untuk pasar musik arus utama karena terlalu “dance-oriented”.

Kemunculan Lady Gaga, baik dari musik, fashion, dan citranya selalu menjadi sorotan publikasi. Pengaruh yang besar dibudaya modern membuatnya pernah menjadi subjek kuliah di University of South Carolina. Lady Gaga juga salah satu artis terlaris dari penjualan album, single dan tur. Penghargaan yang telah dimenangkannya, diantaranya 11 Grammy Award, 3 BRIT Award, 1 Academy Award, 1 Bafta Award, 2 Golden Globe.

Meski sebelumnya sudah pernah unjuk kemampuan akting di Machette Kills dan seri American Horror Story, namun perannya sebagai Allie di film A Star Is Born, film remake tahun 1978 yang dibintanginya bersama Bradley Cooper, membuatnya semakin diakui. Dinominasikan di Academy Award, Golden Globe Award, BAFTA Award dan Screen Actors Guild Award untuk kategori Best Actress. Filmnya sukses, begitu juga album soundtracknya, debut di posisi pertama tangga album di Amerika Serikat. Membuat Lady Gaga menjadi penyanyi wanita solo pertama yang kelima albumnya menjadi album nomor satu di Amerika Serikat. Selain itu, ia berhasil memenangkan Academy Award, Grammy Award, Bafta Award dan Golden Globe Award dalam satu tahun, pada 2019 untuk album soundtrack film tersebut.

Album terbaru Lady Gaga, Chromatica, mengalami pengunduran jadwal perilisan, dari 10 April ke 29 Mei 2020 akibat pandemi Covid-19. Album ini diproduseri Lady Gaga dan BloodPop. Juga menghadirkan featured artist seperti Ariana Grande, Elton John sampai BlackPink. Single pertama, Stupid Love, seperti mengingatkan kita dengan era awal Lady Gaga, atau mengutip Pitchfork, lagu tersebut sebagai “classic Gaga”.

Setuju, Bujang Dare?

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Senin malam pukul 10!