FOTISMINI: Labrinth

Penyanyi, penulis lagu, penyanyi rap dan produser lagu asal London, Inggris ini bernama asli Timothy Lee McKenzie. Ia adalah artis pertama yang bergabung dengan label rekaman Syco Music, milik Simon Cowell, tanpa mengikuti kontes musik seperti The X Factor atau Got Talent. Labrinth telah merilis 2 album, Electronic Earth (2012) dan Imagination of Misfit Kids (2019).

Meski baru merilis 2 album sejak aktif pada 2009, namun Labrinth termasuk yang sibuk berkolaborasi dengan artis lain. Seperti bersama Tinie Tempah dan Emeli Sande yang proyek lagu mereka berhasil menempati posisi 2 dan 1 di tangga lagu UK. Ada lagi bersama Ed Sheeran, Rihanna, Beyonce, The Weeknd dan Kanye West. Atau yang baru-baru ini supergrup yang dibentuknya bersama Sia dan Diplo pada LSD.

Dibesarkan sebagai anak dengan sembilan saudara yang seluruhnya aktif di musik, menjadikan referensi dan pengaruh musik Labrinth beragam. Diantaranya musik rap, hip-hop, jazz, R&B sampai pop. Rasanya sulit jika harus menyebut genre musik apa si Labrinth ini, ya karena pengaruhnya beragam. Ini jugalah yang terbawa sampai Labrinth merintis karir di industri musik yang tidak hanya membuat lagunya banyak difavoritkan artis lain seperti Adelle, The Weeknd dan Diplo. Tapi juga menjadi incaran artis lain untuk bisa bekerja sama dengan Labrinth.

Baru-baru ini, Labrinth punya kesibukan di skoring serial televisi, Euphoria, ditayangkan di HBO. Sutradaranya, Sam Levinson, meminta Labrinth terlibat di seri tersebut setelah mendengarkan album pertama, Electronic Earth. Album soundfrack Euphoria, rilis pada 4 Oktober 2019. Ini menjadi kali perdana Labrinth bertindak sebagai komposer utama.

2019 menjadi tahun yang cukup sibuk bagi Labrinth. Album supergrupnya LSD rilis pada April 2019. Terlibat dalam skoring seri televisi Euphoria. Menulis lagu untuk Beyonce dan Kanye West. Juga merilis album kedua, Imagination and the Misfit Kids pada 22 November 2019. Album yang diproduserinya sendiri ini dikerjakan di New York dan London. Juga menghadirkan Sia dan Zendaya sebagai featured artist. Album kedua ini menjadi rilisan perdana Labrinth bersama label Columbia Records.

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Senin malam pukul 10!