FOTISMINI: Kunto Aji

Kunto Aji Wibisono adalah penyanyi, dan penulis lagu kelahiran Yogyakarta. Ia telah merilis 2 album, Generation Y (2015) dan Mantra Mantra (2018). Dikenal dengan lagu debutnya, Terlalu Lama Sendiri, Kunto Aji lebih dulu mengikuti kompetisi Indonesian Idol pada 2008. Perjalanannya di ajang tersebut sampai di Babak Spektakuler 9, menjadi finalis keempat.

Kunto Aji memenangkan penghargaan Breakthrough Artist of the Year dari NET untuk lagu Terlalu Lama Sendiri. Di Indonesian Choice Awards sebagai Pendatang Baru Terbaik, serta terpilih sebagai Lagu Terbaik Indonesia dalam Anugerah Planet Muzik 2015 di Singapura.

Album terbaru, Mantra-Mantra, Kunto bekerja sama dengan empat produser, yaitu Ankadiov Subran, Petra Sihombing, Anugrah Swastadi, dan Bam Mastro. Perlu waktu dua tahun bagi Kunto untuk menyelesaikan album yang mengangkat isu kesehatan mental. Menurutnya, isu tersebut kurang mendapat perhatian di Indonesia. Ia juga melakukan riset dan berkonsultasi dengan psikologi empat kali.

Untuk turut serta membantu mengatasi masalah, memikirkan sesuatu secara berlebihan, Kunto menambahkankan frekuensi 396 Hz pada lagu Rehat. Menurut penelitian frekuenso bisa mengeluarkan racun atau pikiran negatif,  sehingga membuat pendengarnya tersebut merasa lebih baik, lebih semangat, lebih optimistis.

Berangkat dari permasalahan yang dianggap sering terjadi, single terbaru Kunto Aji, Topik Semalam, bercerita tentang seorang pria yang berada dalam kondisi terlalu banyak pikiran, karena didesak dan ditanya pasangannya, akan dibawa ke mana hubungan mereka.