FOTISMINI: King Princess

Lewat single perdana, 1950, yang terinspirasi dari novel The Price of Salt karya Patricia Highsmith ini, nama King Princess mulai dikenal. Seperti sebagai artis pertama yang bergabung dengan label rekaman milik Mark Ronson, Zelig Records. Juga Harry Styles yang sempat mengutip lirik lagunya dalam cuitan di akun twitter. Hingga kini lagu tersebut telah di-streaming lebih dari 300 juta kali di Spotify.

King Princess bernama asli Mikaela Mullaney Straus, penyanyi, penulis lagu, multi instrumentalis dan produser asal Brooklyn, New York. Ayahnya, Oliver Strauss, adalah record engineer dan pemilik studio rekaman, Mission Sound, di Brooklyn. Disinilah King Princess menghabiskan waktu, belajar instrumen musik, tahu bagaimana produksi musik dan bertemu dengan banyak musisi yang hilir mudik di studio, diantaranya Cat Power dan Taking Back Sunday.

King Princess mendapat tawaran rekaman di usia 11 tahun, namun ditolaknya. Dengan alasan bahwa ia melihat banyak artis, yang produk musiknya dikontrol label rekaman sehingga membuat suasana bermusik jadi tidak nyaman. Ia memilih untuk menunggu waktu yang tepat sembari memahami musik seperti apa yang ingin dibawakan, bagaimana produksinya dan dengan siapa ia akan bekerja sama.

Tahun 2019, King Princess terpilih kedua dari 15 nominasi BBC Sound Of 2019. Tampil di festival musik besar seperti Lollapalooza dan Coachella. Berkolaborasi dengan Mark Ronson di album Late Night Feelings. Menyanyikan ulang lagu Fiona Apple, I Know. Sampai dengan dirilisnya album perdana, Cheap Queen, Diproduserinya bersama Mike Malchicoff, Tim Anderson, Teo Halm dan Kid Harpoon.

Album Cheap Queen dibuat King Princess setelah melewati masa yang disebutnya “vulnerable” setelah kesuksesan single “1950”. Ia sempat merasa tertekan, cemasan berlebihan, sampai tidak tahu apa yang akan ia lakukan untuk hidupnya. Ia kemudian menuliskan secara kronologi dalam 13 lagu. Cheap Queen, masuk dalam daftar rilisan terbaik sepanjang 2019 oleh publikasi diantaranya The Guardian, Uproxx, Time dan Consequence of Sound.

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Senin malam pukul 10!