FOTISMINI: James Righton

James Righton, lebih dulu dikenal sebagai keyboardis dan vokalis band Klaxons, yang dibentuknya bersama Jamie Reynolds dan Simon Taylor-Davis pada 2005. Bersama Klaxons, James merilis 3 album dan sukses membawa penghargaan Mercury Music Prize pada 2007. Sayangnya, hanya 10 tahun kebersamaan mereka, karena sejak 2015, Klaxons memutuskan bubar.

James Nicholas Righton, penyanyi, penulis lagu, multi instrumentalis kelahiran Warwickshire, Inggris. Meski Klaxons bubar di 2015, James tetap melanjutkan karirnya dengan menggunakan nama panggung Shock Machine pada 2016. Albumnya, Shock Machine, dikerjakannya bersama produser James Ford, rilis pada 25 Agustus 2017.

Kesibukan lain James adalah mengerjakan skoring film, diantaranya film pendek William (2015) dan film Benjamin (2018). Sebagai komposer untuk seri stand up di Netflix, Set Free. Sebagai penulis lagu untuk The Chemical Brothers, Riton dan Honeyblood. Juga terlibat dalam pengerjaan album Tranquility Base Hotel & Casino milik Arctic Monkeys, memainkan instrumen gitar, piano dan wurlitzer.

Saat merilis album sebagai Shock Machine, James pernah menyebut bahwa suatu saat ia akan merilis karya dengan namanya sendiri, tidak lagi dengan nama panggung. Itu terwujud pada November 2019, James mengumumkan akan merilis album dengan namanya sendiri, James Righton.

Single pertama dari album The Performer, juga berjudul The Performer, dirilis pada 12 November 2019. Single tersebut mempertanyakan identitas dan perannya sebagai ayah dan seniman. Album yang diproduserinya sendiri ini didukung kolaborator lamanya, James Ford yang memainkan drum. Albumnya akan dirlis pada 20 Maret 2020.

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Senin malam pukul 10!