FOTISMINI: James Morrison

James Morrison Catchpole, penyanyi, penulis lagu dan gitaris asal Warwhickshire, Inggris. James mulai dikenal lewat single pertama “You Give Me Something” pada 2006. Lagu ini masuk Top 10 di sembilan negara. Album perdananya, Undiscovered (2006) sukses menjadi album nomor satu di UK. Lewat album yang sama, James juga memenangkan BRIT Awards 2007 kategori Best British Male.

Jalan hidup orang memang tak bisa diduga. Dalam bermusik, James saat remaja pernah menjadi pengamen jalanan, menyanyi di pub lokal sambil mengasah kemampuannya sebagai gitaris. Sampailah ia bertemu dengan produser Kev Andrews yang kemudian menjadi produser demo pertamanya.

Ciri khas James adalah suaranya yang serak. Tahukan Bujang Dare, ini disebabkan oleh batuk yang sangat parah bahkan mengancam nyawa James saat masih kecil. Setelah pulih, suaranya berubah menjadi serak. Hal ini disyukuri James karena justru menjadikan ia sebagai penyanyi seperti saat ini.

Darimana James belajar bernyanyi? Ternyata ia melakukannya sendiri dengan menirukan artis-artis besar seperti seperti Otis Redding, Stevie Wonder, Van Morrison dan Al Green.

Album yang sudah dirilis James antara lain adalah Undiscovered (2006), yang membuatnya masuk ke dalam daftar penyanyi Inggris pria dengan single terlaris pada 2006. Kemudian ada Songs for You, Truths for Me (2008), The Awakening (2011), Higher Than Here (2015) dan You’re Stronger Than You Know (2019). Dua albumnya menjadi album nomor satu di UK. Secara komersial, album-abumnya telah terjual lebih dari 7 juta kopi.

Setelah peluncuran album Higher Than Here, kontrak James justru diakhiri oleh label rekaman Universal Music. Akibatnya ia sempat merasa pesimis masih ada yang mendengarkan musiknya saat ini di tengah maraknya solois pria yang usianya lebih muda dan lebih populer. Namun akhirnya ia lepas juga album You’re Stronger Than You Know lewat labelnya, Stanley Park.

Rekaman untuk album ini dilakukan di British Grove Studios, London, diproduseri Mark Taylor. Sebelumnya, James pernah melakukan duet dengan solois wanita, seperti Nelly Furtado, Jessie J dan yang terbaru ia mengajak Joss Stone. James mengaku senang dengan penyanyi yang punya suara unik dan soul seperti Joss Stone.

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Kamis malam pukul 9!