FOTISMINI: Jake Bugg

Jake Bugg, penyanyi dan penulis lagu asal Nottingham, Inggris ini menjadi solois pria termuda yang berhasil meraih posisi pertama di tangga album Inggris. Lewat album Jake Bugg (2012) yang diraihnya saat berusia 19 tahun. Album yang dirilis, Jake Bugg (2012), Shangri La (2013), On My One (2016) dan Hearts That Strain (2017).

Bernama lengkap Jake Edwin Charles Kennedy, ia tertarik dengan musik setelah mendengarkan lagu “Vincent” dari Don McLean di The Simpsons pada episode Scuse Me While I Miss the Sky. Dari sini, Ia mulai mendengarkan lagu lainnya dari Don yang kemudian mendorongnya untuk belajar gitar.

Jake mengirimkan lagunya untuk diunggah di BBC Introducing, kemudian ia mendapat kesempatan tampil di panggung BBC Introducing pada Festival Glastonburry 2011. Pihak label rekaman Mercury Records yang menyaksikan penampilannya mengajaknya bergabung.

Jake menjadi perbincangan hangat publikasi musik Inggris yang menyebutnya sebagai “authentic rock star”, menulis lagu yang dekat dengan kehidupannya sebagai kelas menengah. Ditambah lagi dengan referensi musiknya yang jauh dari usianya, diantaranya Bob Dylan, Buddy Holly dan Johnny Cash.

Hingga album keempat, Jake pernah bekerja sama dengan produser seperti Iain Archer, Rick Rubin, Jacknife Lee dan Dan Auerbach. Single “Kiss Like the Sun” ditulisnya bersama Andrew Watt (pernah bekerja sama dengan Post Malone dan Cardi B). Akan hadir di album kelimanya, dan menjadi yang pertama bersama label RCA Records.

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Senin malam pukul 10!