FOTISMINI: Hatchie

Harriette Pilbeam yang akrab dipanggil Hatchie adalah multi instrumentalis dan penulis lagu asal Brisbane, Australia. Single pertama “Try” yang ditulisnya tahub 2015, sering diputar di radio Triple J bahkan masuk Top 40. Lagu banyak dipilih oleh blog musik sebagai salah lagu terbaik mengantarkan Hatchie bergabung dengan tiga agensi yang menaungi Tame Impala, The xx, FKA Twigs dan Best Coast.

Semula Hatchie dikenal oleh publik saat bergabung dengan band lokal Brisbane seperti Go Violets dan Babaganouj, keduanya dibentuk pada 2011. Ia membentuk band bersama teman-temannya saat berusia 18 tahun. Meski masih aktif di Babaganouj, Hatchie memulai karir solonya dengan merilis EP Sugar & Spice (2018).

Sebagai multi instrumentalis, Hatchie menguasai gitar, piano, klarinet sampai bass-yang ia pilih sebagai instrumen utamanya. Menurutnya, dengan menguasai bass, sangat membantunya dalam menulis lagu. Sementara untuk musisi favorit, Hatchie mengakui mengagumi Carole King, Yuck, Sky Ferreira, Carly Rae Jepsen, Wolf Alice dan Cocteau Twins. Single “Sure” bahkan menarik perhatian Robin Guthrie dari Cocteau Twins yang kemudian merilis versi remix-nya.

Hatchie adalah nama panggilan orangtua dan kerabatnya untuk Harriette. Awalnya enggan memakai nama tersebut karena terdengar seperti nama anak-anak, terlalu imut-imut!

Untuk urusan pendidikan, Hatchie telah menyelesaikan pendidikannya di Queensland University of Technology, jurusan industri kreatif dan hiburan. Hatchie juga pernah mengisi kelas studi musik.

Tiga single baru sudah dirilis Hatchie jelang perilisan album perdananya”Keepsake” pada 21 Juni 2019. Kembali ia diproduseri oleh John Castle, yang sebelumnya pernah membantu debut EP-nya. Album perdananya ini ternyata cukup diperhitungkan, terbukti dengan masuk dalam daftar The 50 Best Albums of 2019 So Far.. oleh Stereogum dan masuk daftar album yang paling ditunggu oleh Paste Magazine.

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Kamis malam pukul 9!