FOTISMINI: Hamilton Leithauser

James Hamilton Leithauser, nama lengkap penyanyi, penulis lagu dan multi instrumentalis yang lebih dulu populer sebagai frontman band rock asal New York, The Walkmen dan The Recoys. Di The Walkmen, Hamilton telah merilis 7 album, namun sayangnya band ini memutuskan rehat sejak 2014. Tahun yang sama dengan Hamilton, merilis album solo, Black Hours, kemudian album kolaborasinya bersama Rostam Batmanglij di 2017, I Had A Dream That You Were Mine, dan terbaru di 2020, The Love of Your Lifes.

Tiga dari lima personel The Walkmen merilis materi solo, namun menurut publikasi musik, rilisan Hamilton yang dirasa paling mendekati The Walkmen. Album Black Hours, didukung oleh musisi seperti Amber Coffman dari Dirty Projectors, Richard Swift dari The Shins, Morgan Handerson dari Fleet Foxes, Paul Maroon rekan sebandnya di The Walkmen dan Rostam Batmanglij.

Album kolaborasi, duet Hamilton bersama Rostam, I Had A Dream That You Were Mine, sudah mulai dikerjakan sejak 2014. Mereka memutuskan tetap menggunakan nama masing-masing, sebagai tribut untuk David Byrne dan Bryan Eno yang juga pernah merilis 2 album kolaboratif.

Album terbaru Hamilton, The Love of Your Life rilis pada 10 April 2020. Hamilton memainkan hampir seluruh instrumen di album. Album ini ditulis, diproduseri, dan dimixing oleh Hamilton. Selain itu juga didukung musisi New York lainnya seperti gitaris Paul Maroon, saksofon dimainkan Stuart Bogie, terompet oleh Mike Irwin, dan pedal steel oleh Jonathan Gregg. Hamilton juga mengajak Anna Stampf istrinya, Georgiana dan Fredericka, kedua putrinya, juga guru anaknya mengisi vokal di album ini.

Kota New York menjadi referensi utama di album The Loves of Your Life. Mulai dari tempat sampai orang-orang yang ditemui Hamilton dengan ceritanya masing-masing. Diantaranya pria tua di bar, teman lama yang baru-baru ini ditemui, wanita di pantai, wanita yang ditemui semasa kuliah di NYU, seorang yang sedang patah hati, atau seperti single Here They Come yang menceritakan tentang seseorang yang selalu menonton film di bioskop seharian sebagai pelarian dari masalah.

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Senin malam pukul 10!