FOTISMINI: Gigi

Gigi, band asal Jakarta yang sekarang beranggotakan Armand Maulana (vokal), Dewa Budjana (gitar), Thomas Ramdhan (bass) dan Gusti Hendy (drum). Sejak dibentuk pada 1994, Gigi telah merilis 11 album, 2 album kompilasi, 1 album soundtrack film, dan 5 album religi. Di dekade 1990an, album Gigi termasuk yang laris di pasaran, diantaranya Album Angan, Dunia, Kilas Balik. Lagu “Janji” masuk dalam daftar 150 Lagu Terbaik Sepanjang Masa oleh Rolling Stone Indonesia.

Dalam perjalanannya, Gigi beberapa kali mengalami perubahan formasi personil, bahkan sempat diisukan bubar setelah Armand mengikuti audisi vokalis INXS pada 2004. Musisi yang pernah bergabung di Gigi yaitu Aria Baron (gitar), Ronald Fristianto (drum) dan Opet Alatas (bass). Thomas sempat mundur dari Gigi dikarenakan rehabilitasi akibat kecanduan narkoba, namun kembali lagi ke band di Album Salam Kedelapan.

Kemampuan bermusik setiap personil yang tinggi, pertunjukan atraktif dari Gigi menjadi daya tarik sampai kini. Konser besar di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta pada 2008, dan di Istora Senayan pada 2011 yang turut melibatkan aransemen orkestra oleh empat komponis besar, yakni Erwin Gutawa, Addie MS, Tohpati dan Andi Rianto. Mereka juga berkesempar ke London, Inggris untuk rekaman album Live at Abbey di Abbey Road Studios.

Gigi meluncurkan exclusive box set edisi ulang tahun ke 25 pada 2019. Box set terdiri dari t-shirt, sebuah short movie dalam bentuk DVD dokumenter tentang keseharian para personel, kartu member personil, buku harian yang ditulis dengan tulisan tangan asli keempat personel GIGI, dan mini album “Silver” dalam format kaset, yang berisi lima lagu baru, dua diantaranya tanpa lirik atau humming. Sengaja tanpa lirik agar bisa diisi oleh pemilik exclusive box set.

Ulang tahun band yang ke 26 dirayakan dengan konser berjudul Satu Janji Gigi pada 19 Maret 2020. Dikarenakan pandemi Covid-19, konser tetap diadakan tapi tanpa dihadiri penonton. Gigi memutuskan tetap melangsungkan konser dengan mempertimbangkan persiapan yang sudah lama dikerjakan. Konser tersebut ditayangkan di salah satu televisi swasta, sehingga penggemar masih bisa menyaksikan penampilan mereka. Di konser tersebut Gigi tampil bersama tamu diantaranya Andmesh, Eros Candra, Isyana Sarasvati, Judika, Sabyan dan Rizky Febian.

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Senin malam pukul 10!