FOTISMINI: Foals

Foals adalah band asal Oxford, Inggris dibentuk pada 2005 yang sekarang beranggotakan Yannis Philippakis (vokal, gitar), Jack Bevan (drum), Jimmy Smith (gitar) dan Edwin Congreave (keyboard).

Foals awalnya dibentuk oleh orang lain, yaitu Andrew Mears yang sempat merilis 2 single bersama Foals namun belakangan memilih untuk mundur karena ingin lebih fokus di Youthmovies. Foals kemudian dilanjutkan oleh anggotanya yang sama-sama bersekolah di Abingdon School.

“Hummer” adalah single pertama Foals yang membuat mereka dikenal publik, apalagi ketika juga muncul di dalam serial televisi remaja Inggris yang populer, Skins.

Album yang telah dirilis Foals yaitu Antidotes (2008), Total Life Forever (2010), Holy Fire (2013), What Went Down (2015) dan Everything Not Saved Will Be Lost.. Part 1 (2019). Foals juga diakui sebagai band dengan penampilan langsung yang hebat. Sampai-sampai mereka merilis EP pertunjukan langsung yang diadakan di Liars Club, London Festival hingga di Royal Albert Hall.

Foals adalah band yang mengusung genre “math rock”. Genre ini banyak ditemukan di skema band underground Oxford. Nama-nama yang terkenal di antaranya This Town Needs Gun dan Youthmovies. Di Oxford juga ada label rekaman Big Scary Monsters yang banyak merilis musik genre tersebut. Meski bukan yang pertama namun Foals bisa disebut sebagai band pertama yang mengangkat genre musik ini untuk dinikmati pendengar arus musik utama.

Dua album Foals, Total Life Forever dan Holy Fire dinominasikan kategori Best Album di Mercury Music Prize. Tak hanya itu, mereka juga sempat masuk nominasi Ivor Novello Award, Brit Award dan majalah musik seperti NME dan Q. Berkat kepopulerannya itu, Foals sering menjadi headline festival besar, bekerja sama dengan produser ternama seperti Flood, Alan Moulder, James Ford, Luke Smith dan Brett Shaw. Sayang, di tengah sorotan publik, bassis Walter Gerves memutuskan mundur dari band sejak 2018. Posisinya digantikan Yannis dan untuk tur mereka merekrut Jeremy Pritchard (Everything Everything).

Dua album dijanjikan Foals untuk rilis pada 2019 ini, Everything Not Saved Will Be Lost .. Part 1 dan Everything Not Saved Will Be Lost .. Part 2. Judul albumnya diambil dari novel The End Games karangan T. Michael Martin.

Promosi mengenai karya teranyar mereka ini di antaranya muncul di twitter. Foals menampilkan foto tiga lokasi dengan keterangan koordinat di London, Amsterdam dan Hamburg. Jika diperhatikan dengan seksama terdapat amplop bertuliskan Foals yang berisikan lirik single pertama Exits.

Jangan ketinggalan Bujang Dare, selalu simak Fotismini, Fokus Artis Minggu ini di Volare setiap hari Sabtu pukul 2 siang dan di Kamis malam pukul 9!